Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

Tanda Si Kecil Tidak Tahan Terhadap Cuaca yang Terlalu Panas

Raka Lestari - 12 Juli 2018 12:37 wib
Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa terlihat jika anak Anda merasa cuaca terlalu panas. (Foto: Jessica To'oto'o/Unsplash.com)
Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa terlihat jika anak Anda merasa cuaca terlalu panas. (Foto: Jessica To'oto'o/Unsplash.com)

Jakarta: Cuaca yang terlalu panas bisa menjadi bahaya bagi anak-anak, sama juga seperti cuaca yang terlalu dingin. Satu hal yang pasti, Anda tidak bisa menggunakan perasaan Anda sebagai tolak ukur apakah cuaca di luar rumah terlalu panas bagi anak-anak atau tidak. 

Menurut American Academy of Pediatrics, karena fisiologi mereka yang unik anak-anak lebih rentan terhadap suhu ekstrem dan dampaknya pada kesehatan. 

Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk mengetahui tanda-tanda yang terdapat pada anak Anda apakah mereka merasa cuaca di lingkungannya terlalu panas atau tidak.

Dikutip dari Romper, berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa terlihat jika anak Anda merasa cuaca terlalu panas.

1. Lesu
Jika anak Anda terlihat lemah, letih, lesu atau pusing yang tidak biasa atau bahkan sampai tidak mau bergerak itu bisa menjadi pertanda bahwa mereka merasakan overheated atau cuaca yang terlalu panas. Untuk menghindarinya, cobalah untuk membatasi waktu yang dihabiskan anak-anak di luar rumah ketika cuaca sedang sangat panas.

(Baca juga: Mengatasi Biang Keringat)


(Jika anak Anda terlihat lemah, letih, lesu atau pusing yang tidak biasa atau bahkan sampai tidak mau bergerak itu bisa menjadi pertanda bahwa mereka merasakan overheated atau cuaca yang terlalu panas. Foto: Courtesy of Gorov/Fotolia)

2. Bibir dan lidah kering
Cuaca panas yang esktrem dapat menyebabkan dehidrasi pada anak-anak dan juga orang dewasa. Untuk itu sangat penting untuk memerhatikan apakah anak Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup atau tidak. Selain lelah dan lesu, tanda-tanda awal dehidrasi lainnya dalah bibir dan lidah kering,serta rasa haus yang ekstrem.

3. Mual atau bahkan muntah
Menurut Children's Hospital Chicago, mual dan muntah ketika cuaca sangat panas bisa juga dialami oleh orang dewasa tetapi mual dan muntah pada anak-anak dapat menunjukkan cuaca yang terlalu panas atau bahkan heatstroke. Jika anak Anda mengalaminya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan awal.

4. Demam
Saat anak Anda belum terbiasa dengan cuaca yang terlalu panas, mungkin saja mereka akan mengalami demam. Demam yang dialaminya bahkan mungkin bisa sampai lebih dari 40 derajat celcius.

Jika anak Anda mengalami overheated, biasanya mereka mengeluarkan keringat berlebih. Namun jika sampai mengalami heatstroke, biasanya demam tetapi tidak disertai adanya keringat berlebih.

5. Kram otot
Salah satu pertanda lain bahwa anak Anda mengalami panas yang berlebih adalah kram otot yang parah di kaki dan perut tanpa adanya demam terlebih dahulu. Namun jika sudah mendapatkan asupan cairan yang cukup, kram otot pun akan menghilang dalam beberapa jam.





(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-07-2018