Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

Adakah Hubungan antara Gadget dengan Kesehatan Reproduksi?

Sri Yanti Nainggolan - 13 April 2018 17:12 wib
Sebuah studi baru menyebutkan bahwa efek sinar gadget yang buruk pada kesehatan dapat berkurang efek negatifnya jika Anda bermain gadget di ruangan dengan pencahayaan terang. (Foto: Gilles Lambert/Unsplash.com)
Sebuah studi baru menyebutkan bahwa efek sinar gadget yang buruk pada kesehatan dapat berkurang efek negatifnya jika Anda bermain gadget di ruangan dengan pencahayaan terang. (Foto: Gilles Lambert/Unsplash.com)

Jakarta: Tak sedikit orang menghabiskan waktu di malam hari dengan bermain gadget dalam keadaan lampu mati. Kebiasaan tersebut ternyata dapat memberi pengaruh buruk pada kesehatan keturunan, kelak.

Sebuah studi baru menyebutkan bahwa efek sinar gadget yang buruk pada kesehatan dapat berkurang efek negatifnya jika Anda bermain gadget di ruangan dengan pencahayaan terang.

Para peneliti dari Ohio State University di Amerika Serikat memaparkan hamster dewasa, baik jantan atau betina, dengan siklus gelap malam dan terang siang atau selalu gelap di malam hari selama sembilan pekan.

Hamster dipasangkan, induk jantan dan betina, dan dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu pada paparan gelap atau redup dan terang, dan kombinasi keduanya.

Para peneliti melakukan serangkaian tes pada anak-anak hamster untuk melihat apakah paparan cahaya pada orang tua memengaruhi mereka.

Para peneliti menemukan bukti bahwa paparan cahaya redup memiliki berbagai dampak bagi anak karena orang tua secara independen mengalami gangguan instruksi genetik terkait respons kekebalan tubuh dan penurunan aktivitas endokrin. Dampak yang berbeda muncul pada jenis kelamin anak yang berbeda pula.


(Sebuah studi baru menyebutkan bahwa efek sinar gadget yang buruk pada kesehatan dapat berkurang efek negatifnya jika Anda bermain gadget di ruangan dengan pencahayaan terang. Foto: Derick Anies/Unsplash.com)

(Baca juga: Jauhi Gadget Beberapa Menit Mampu Melekatkan Hubungan)

Pada anak hamster dengan paparan sinar di malam hari, para peneliti menemukan adanya penurunan respons imun di mana ketika tubuh terpapar substansi asing maka akan terjadi perubahan aktivitas genetik pada bagian limpa dan berpotensi merusak sistem endokrin.

"Kami pertama kali melihat bahwa hamster pada kelompok ini menunjukkan kerusakan akibat pencahayaan tersebut tak hanya berakibat pada individunya, namun juga pada keturunannya," ujar Randy Nelson dari Ohio State University.

Ia menambahkan, masalah bukanlah terdapat pada rahim, namun sperma dan sel telur yang umumnya terjadi pada wanita, namun juga terjadi juga pada pria.

"Saya rasa, orang-orang harus mulai menyadari bahwa polusi cahaya adalah serius dan memiliki konsekuensi kesehatan yang berhubungan dengan peningkatan kanker, depresi, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan gangguan kecemasan," paparnya.







(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 17-07-2018