Mengapa Bagian Botak Jadi Terlihat Licin?

Sri Yanti Nainggolan - 12 Oktober 2017 17:23 wib
Pria cenderung mengalami kebotakan pada bagian depan dan licin dimana itu berarti folikel berubah menjadi sel kulit kepala. (Foto:  Rob Bye/Unsplash.com)
Pria cenderung mengalami kebotakan pada bagian depan dan licin dimana itu berarti folikel berubah menjadi sel kulit kepala. (Foto: Rob Bye/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Alopesia atau kebotakan umumnya terjadi saat memasuki usia senja. Tak jarang, bagian yang tak ada rambut tersebut menjadi licin. Mengapa bisa demikian?

"Itu disebut juga epidermal keratinosin. Kondisi dimana folikel rambut yang sudah tak tumbuh berubah menjadi kulit kepala," terang dr. Liza Widjaja M biomed AAM selaku konsultan dari Beauty Medika dalam beauty seminar di pameran Cosmobeaute Indonesia 2017, Kamis (12/10/2017).

Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh.



(Baca juga: Survei: Pria Botak Dinilai Lebih Menarik)

Ia menerangkan, pertambahan usia membuat rambut ikut menua sehingga terjadi perubahan folikel akibat menurunnya hormon testosteron pada pria menjadi dehidortestosteron.

Penuaan folikel tersebut menyebabkan munculnya inflamasi ringan dimana sel stem pada folikel menjadi mengecil atau disebut juga dengan miniaturisasi. Akibatnya, rambut jadi mudah rontok atau terlepas. Inilah asal mula terjadi kebotakan.

Kebotakan sendiri lebih banyak dialami oleh pria karena pengaruh hormon testosteron yang memberi efek besar pada kesehatan folikel rambut.



Menurut dokter yang praktik di Permata Bina Kulit Institute tersebut, lokasi kerontokan rambut pada pria dan wanita juga berbeda. Pria cenderung mengalami kebotakan pada bagian depan dan licin dimana itu berarti folikel berubah menjadi sel kulit kepala.

Sementara, wanita kebanyakan mengalami kebotakan atau jarang rambut pada bagian atas tengah dan lebih merata, tak hanya satu bagian saja.










(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017