Cintai Diri Sendiri, Salah Satu Cara Meningkatkan Optimisme

Nia Deviyana - 13 Agustus 2017 11:44 wib
(Foto: Researchdigest.)
(Foto: Researchdigest.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ini masalah yang selalu terjadi pada mayoritas orang. Mereka akan optimis saat semuanya berjalan dengan lancar, dan mudah pesimis saat kendala masalah mulai muncul. Padahal, sifat optimis harusnya dimiliki ketika menghadapi kemudahan atau kesulitan.

Sifat pesimis merupakan pangkal dari kegagalan. Agar bisa selalu optimis, beberapa langkah ini bisa Anda coba.

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Kalimat di atas mungkin sering Anda dengar, tetapi tidak mudah mengikuti aturan ini. Perlu Anda ketahui bahwa perbandingan dapat membuat Anda merasa rendah diri dan menghambat hal-hal yang seharusnya bisa Anda capai. Memang banyak orang yang jauh lebih sukses, tetapi bukan berarti Anda tak layak untuk bahagia.

2. Singkirkan kata-kata negatif

Kalimat dan pikiran negatif tanpa disadari menjadi sugesti yang menghambat usaha Anda. Hindari mengatakan "saya tidak bisa," dan gantilah dengan, "Saya tahu, saya pasti bisa." Kata-kata tersebut secara otomatis akan menjadi mantra dalam melatih pikiran untuk selalu optimis dalam menggapai kesuksesan.

3. Jangan takut gagal

Cara pandang yang berbeda dalam menyikapi kegagalan bisa membantu Anda menjadi pribadi yang lebih optimis. Jika Anda gagal mendapatkan pekerjaan, jangan marah dan merasa kesal karena Anda bisa menemukan yang lebih baik di tempat lain. Apabila Anda menerimanya dengan positif, Anda bisa mengatasinya jauh lebih cepat tanpa harus terjebak stres.

4. Dengarkan musik positif

Sebuah studi menunjukkan, musik dapat dijadikan terapi untuk menyembuhkan luka dan rasa kecewa. Jika sebelumnya Anda mengalami kegagalan atau kekecewaan, sangat dianjurkan jika Anda ingin mendengarkan lagu-lagu sedih sebagai ekspresi perasaan Anda. Tetapi setelahnya, coba dengarkan lagu yang lebih bersemangat untuk mengembalikan rasa optimis.

5. Cintai diri sendiri

Jangan terlalu keras dengan diri sendiri. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan yang membuatnya gagal. Anda harus percaya bahwa tidak ada yang benar-benar sempurna di dunia ini. Menyadari kekurangan diri memang harus, tetapi memaksimalkan potensi diri jauh lebih penting.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN MENTAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 18-08-2017