Konsumsi Alpukat dan Kacang Bisa Tingkatkan Kecerdasan

Nia Deviyana - 10 September 2017 14:33 wib
(Foto: bbcgoodfood.com)
(Foto: bbcgoodfood.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nutrisi jelas berpengaruh terhadap otak. Oleh sebab itu, penting mempertimbangkan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, terutama ketika Anda sudah memasuki usia paruh baya dimana kemampuan kognitif mulai menurun.

Penelitian terbaru menunjukkan, alpukat, minyak zaitun, dan kacang termasuk daftar makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan karena mengandung MUFA, sejenis asam lemak tak jenuh tunggal.

MUFA dianggap sebagai lemak sehat, karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.  

Untuk penelitian ini, Aron K. Barbey, profesor psikologi dari University of Illinois beserta rekannya menguji manfaat makanan yang disebutkan di atas terhadap otak.

Penelitian ini melibatkan 99 orang tua sehat yang diambil sampel darahnya. Partisipan juga menjalani tes kecerdasan umum dan tes MRI, yang memungkinkan peneliti mengukur aktivitas otak di jaringan tertentu.

Analisis penelitian mengungkapkan, bahwa kecerdasan umum dikaitkan dengan daerah otak yang disebut dorsal, jaringan yang memainkan peran kunci dalam pemecahan masalah dan fokus.

Dalam hal ini, tingginya kadar MUFA dalam aliran darah disimpulkan dapat meningkatkan kecerdasan.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017