DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Menghilangkan Stretch Marks dengan Bahan Alami

Pelangi Karismakristi - 11 Juli 2018 17:14 wib
Biji kopi mengandung antioksidan yang mampu mengencangkan kulit. (Foto: NordWood Themes/Unsplash.com)
Biji kopi mengandung antioksidan yang mampu mengencangkan kulit. (Foto: NordWood Themes/Unsplash.com)

Jakarta: Stretch marks bisa terjadi ketika kulit mengalami peregangan. Hal ini terjadi karena kehamilan, kelebihan atau bahkan penurunan berat badan. 

Garis merah muda pada kulit ini sering membuat wanita tak nyaman. Namun Anda bisa menghilangkannya dengan bahan alami, yakni bubuk kopi, minyak kelapa, dan lidah buaya.

Sebelum mengulas cara membuat resep alami penghilang stretch marks tersebut, ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari ketiga bahan tersebut.

(Baca juga: Mengapa Stretch Mark Sering Muncul Saat Wanita Hamil?)

1. Kopi
Nutrisi di dalam kopi bekerja efektif pada kulit. Di dalamnya mengandung antioksidan yang mampu mengencangkan kulit. Kopi juga akan meningkatkan sirkulasi darah dengan mengeksfoliasi dan mengangkat se-sel kulit mati serta menjaga kelembapan kulit.


(Biji kopi mengandung antioksidan yang mampu mengencangkan kulit. Kopi juga akan meningkatkan sirkulasi darah dengan mengeksfoliasi dan mengangkat se-sel kulit mati serta menjaga kelembapan kulit. Foto: Nousnou Iwasaki/Unsplash.com)

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa dapat membantu membuat kulit halus dan lembut juga melembapkan karena di dalamnya terdapat sifat anti-mikroba. Minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan K yang membantu mencegah penuaan dini sel kulit. Sedangkan kandungan asam aminonya membantu mencegah stretch marks.

3. Aloe vera
Aloe vera atau lidah buaya ini mengandung vitamin dan mineral yang bekerja baik pada kulit. Sifat anti peradangannya juga membantu menyembuhkan segala jenis peradangan atau iritasi pada kulit. Lidah buaya juga mengandung kolagen yang membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Untuk membuat krim alami penghilang stretch marks, Anda perlu menyiapkan 5 sdm bubuk kopi, 3 sdm minyak kelapa dan 1 sdm gel lidah buaya. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Pertama masukkan bubuk kopi, minyak kelapa dan gel lidah buaya ke dalam sebuah wadah. Campurkan semua bahannya, tambahkan beberapa tetes air. Gunakan spatula untuk mencampur semua bahan supaya menjadi pasta yang halus. Kemudian tutup wadah tersebut, simpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Sedangkan cara menggunakannya Anda bisa mengambil sedikit campuran bahan tersebut dan gosokkan pada area yang terkena stretch marks. Pijat lembut dengan gerakan memutar selama lima menit. 

Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin. Oleskan pelembap setelah Anda menggunakan scrub ini. Anda bisa melakukannya 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.


(TIN)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-12-2018