DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.052.810.215 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Gervin Nathaniel Purba - 10 Oktober 2018 11:31 wib
(Foto:Shutterstock)
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Kolesterol pada umumnya dipandang buruk. Padahal kolesterol terbagi dua, yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Kolesterol baik (HDL) sangat dibutuhkan oleh tubuh. HDL berfungsi layaknya penyedot debu dalam tubuh. Dalam keadaan sehat, HDL menghilangkan kolesterol ekstra dan penumpukan plak di arteri, kemudian mengirimnya ke hati. Keberadaan HDL membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

Jika seseorang menganut pola hidup tidak sehat, maka kadar kolesterol jahat (LDL) akan meningkat, mengalahkan kadar HDL. Tingkat HDL yang ideal adalah 60 miligram/desiliter (mg/dl). HDL dianggap rendah jika dibawah 40 mg/dl.

Untuk menekan kolesterol jahat, Anda perlu meningkatkan kadar HDL. Ada sejumlah makanan yang membantu meningkatkan HDL. 

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dan buah zaitun dapat menurunkan dampak inflamasi dari kolesterol LDL.

2. Biji Chia

Biji chia merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati, serat, dan nutrisi sehat lainnya. Menambahkan biji chia ke dalam menu harian dapat membantu menurunkan kadar LDL dan menurunkan tekanan darah. 

3. Kacang

Kacang-kacangan, termasuk kacang Brasil, almond, dan pistacio mengandung lemak yang sehat bagi jantung. Mereka juga kaya serat dan mengandung zat yang disebut sterol. 

4. Buah Berserat Tinggi

Buah-buahan yang banyak serat, seperti apel, pir, jeruk, pisang, dan alpukat dapat menurunkan tingkat LDL sekaligus meningkatkan HDL. Anda bisa mengonsumsinya dengan sereal dan oatmeal, atau dimakan langsung.

5. Ikan

Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat menurunkan LDL. Makanlah salmon, kembung, tuna albacore, dan sarden. Atau dapatkan asam lemak omega-3 pada minyak ikan.

6. Alpukat

Alpukat mengandung folat tinggi yang mampu menurunkan LDL dan mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung. Serat dalam alpukat mampu membantu meningkatkan HDL.

7. Kedelai

Produk berbasis kedelai merupakan pilihan bagus dalam mengurangi konsumsi daging. Ketika orang makan lebih sedikit daging, maka kadar LDL akan turun dan HDL meningkat.

Menjaga kadar kolesterol tetap normal atau tidak lebih dari 200mg/dl bukan hanya memperhatikan pola makan dan minum, namun juga perlu kesadaran untuk rajin berolahraga dan mengurangi rokok. Sebab, pemicu kolesterol tinggi salah satunya karena tidak seimbangnya metabolisme tubuh.

Untuk mengimbangi dan mencegah kolesterol tinggi, pakai solusi praktis dan enak, yaitu Nutrive Benecol. Nutrive Benecol dilengkapi kandungan Plant Stanol Ester (PSE) yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. 

Plant Stanol merupakan senyawa alami yang terdapat dalam tanaman, seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus minum dua sajian sehari setelah makan. Ada varian smoothies dengan rasa enak seperti blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. 

Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Tue , 20-11-2018