Program Olahraga Bantu Atasi Depresi

Sri Yanti Nainggolan - 11 November 2017 13:37 wib
Program Olahraga Bantu Atasi Depresi (Foto: shuttestock)
Program Olahraga Bantu Atasi Depresi (Foto: shuttestock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda merasa depresi dan sering merasa cemas? Cobalah lakukan lebih banyak aktivitas fisik dan olahraga untuk membantu menaikkan suasana hari dan mengurangi masalah kesehatan mental tersebut.

Sebuah studi dari Michigan State University menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan suasana hati depresi dengan cepat dan penderita sebaiknya merencanakan olahraga komperehensif atau teratur untuk mencapai tujuan tertentu.

"Aktivitas fisik terbukti efektif untuk menurunkan depresi sedang atau ringan atau rasa cemas," pungkas Carol Janney sebagai asisten profesor di Michigan State University di Amerika Serikat.

Ia menambahkan, pedoman aktivitas fisik saat ini menyarankan minimal olahraga 30 menit lima hari seminggu untuk mempromisikan kesehatan mental dan fisik.

Para peneliti memelajari lebih dari 295 pasien kesehatan mental dan menanyakan apakah mereka ingin terapis ikut membantu mereka menjadi lebih aktif secara fisik. Hasilnya, lebih dari 80 persen pasien percaya bahwa olahraga yang direkomendasikan oleh para peneliti mmebantu mereka meningkatkan suasana hati menurunkan rasa cemas.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal General Hospital Psychiatry tersebut mencatat, lebih dari setengah partisipan merasa perasaan depresi mereka membatasi kemampuan untuk berolahraga.

"Menawarkan program aktivitas fisik dalam klinik kesehatan mental bisa menjadi salah satu pendekatan yang meningkatkan kesehatan mental dan fisik di mana program tersebut berpusat pada pasien," tukas Janney.

Ahli kesehatan mental seperti psikiater dan terapis mungkin tidak memiliki pelatihan yang diperlukan untuk menentukan aktivitas fisik sebagai bagian dari praktik kesehatan mental mereka, namun dengan bekerja sama dengan pelatih pribadi yang disertifikasi atau program latihan lainnya, dapat membantu dalam menentukan lebih banyak aktivitas fisik di klinik.

 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DEPRESI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017