DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Nasi dan Pisang Sebaiknya Dihindari saat Sembelit

Torie Natalova - 12 Februari 2018 16:22 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menurut National Institutes of Health, seseorang bisa dikatakan sembelit jika kurang dari tiga kali buang air besar seminggu atau sulit mengeluarkan tinja yang kecil. Wanita tampaknya lebih rentan terkena sembelit dibanding pria.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk menghindari sembelit adalah dengan makan makanan seimbang dan bervariasi. Serat adalah cara yang ampuh untuk menjaga agar usus tetap bergerak. Tapi, penting juga untuk memasukkan karbohidrat yang menarik air dan melunakkan tinja, serta pentingnya air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Saat sembelit terjadi, Anda sebaiknya menghindari beberapa makanan berikut ini.

1. Susu

Ini harus dilakukan jika Anda memiliki intoleransi laktosa. Karena, hanya orang-orang yang tubuhnya tidak bisa mengolah gula dalam produk susu bisa mengalami konstipasi atau diare setelah mengonsumsi susu.

2. Gorengan

Diet tinggi lemak cenderung menghasilkan penyumbatan. Semua lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk memobilisasi dari perut. Lemak butuh waktu lama untuk dicerna, sedangkan buah dan sayuran biasanya mengosongkan tubuh dalam waktu kurang dari 24 jam.

3. Tepung putih

Makanan yang digoreng biasanya berkaitan dengan tepung putih yang tidak memiliki banyak serat di dalamnya. Jika Anda mengonsumsi banyak olahan tepung putih tanpa buah atau sayuran yang cukup, sembelit pun akan datang.

4. Teh

Teh hitam mengandung tanin berlipat yang dapat mengikat tinja. Teh juga mengandung kafein yang meski sedikit dapat membuat sistem pencernaan bergerak, terlalu banyak dapat membuat dehidrasi pada tubuh.

5. Pisang

Pisang kaya akan serat dan karbohidrat. Tetapi, ahli menyarankan untuk menghindarinya saat sembelit karena pisang dapat membuat tubuh menahan pergerakan usus. Ini berlaku terutama untuk pisang yang belum matang.

6. Nasi

Beras adalah makanan yang masuk dan diam di dalam sistem pencernaan dengan cepat. Nasi putih tidak memiliki unsur serat seperti beras merah sehingga dapat memicu sembelit.





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 21-10-2018