Kesehatan Mental Pengaruhi Gairah Seks

Sri Yanti Nainggolan - 17 Mei 2018 12:42 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kesehatan mental berdampak pada berbagai aspek dalam hidup, termasuk gairah seks. 

"Semua dalam tubuh terkoneksi, dan ini berujung pada seks. Misalnya, jika Anda merasa sakit fisik, lelah, atau tak bahagia; maka Anda akan merasa stamina seksual juga menurun," terang Dr Andy Zamar, pendiri London Psychiatry Centre.

Kesehatan mental seseorang tak hanya memengaruhi energi dan gairah seksual namun juga rasa percaya diri dan apa yang tengah dirasakan, dimana seseorang menjadi tak santai dan tak bisa menikmati pengalaman tersebut.

Perasaan depresi dan cemas membuat seseorang sulit untuk merasa intim. 

Zamar menyebutkan bahwa tak ada istilah kehidupan seks normal.

Namun, jika libido Anda lebih rendah dari biasanya, dimana pasangan merasa ditolak, maka hal itu akan berdampak pada keseluruhan hubungan. 

Meskipun seks bukan hal paling penting, namun berkurangnya dorongan seks juga akan memberi beban tersendiri pada pasangan. 

Faktanya, otak adalah salah satu pemantik dalam gairah seksual. 

"Neurotransmitter otak dan jalur saraf kita memberitahu organ seksual kita, sehingga kita tertarik (berhubungan seksual)," tukas Dr Mindy Beth Lipson, seorang psikolog, mengatakan pada SheKnows.

Jadi, jika Anda memiliki gangguan yang memengaruhi otak, dorongan seksual Anda akan meningkat atau menurun karena gangguan itu, seperti nafsu makan atau tidur.

Oleh karena itu, jika Anda merasa kurang bergairah karena alasan kesehatan mental, beritahukan pasangan. Anda membutuhkan dukungan dari pasangan, dimana di satu sisi pasangan juga menjadi tahu bukan diri merekalah penyebabnya. 

Zamar mengatakan, penting tidak ada orang yang merasa tertekan untuk melakukan hubungan seksual jika pikiran mereka tidak menyukainya. Hal tersebut bisa memperburuk masalah. 

Selain itu, tak ada salahnya meminta bantuan medis bila masalah kesehatan mental dan kehidupan seks tak segera membaik. 


Lihat video:



(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SEKS DAN KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018