DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Manfaat Membiarkan Anak Bertelanjang Kaki

Raka Lestari - 12 Juli 2018 11:58 wib
Menurut Health Guidance, perbedaan antara menggunakan sepatu dan bertelanjang kaki mungkin cukup signifikan. (Foto: Jordan Christian/Unsplash.com)
Menurut Health Guidance, perbedaan antara menggunakan sepatu dan bertelanjang kaki mungkin cukup signifikan. (Foto: Jordan Christian/Unsplash.com)

Jakarta: Sepatu merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh manusia. Dengan menggunakan sepatu, Anda dapat melindungi kaki Anda dari benda-benda berbahaya, dan juga dapat melindungi kaki dari kotoran. 

Namun ternyata, sebuah studi menemukan bahwa dengan bertelanjang kaki pun memiliki beberapa manfaat pada anak-anak salah satunya adalah dapat meningkatkan keterampilan motorik mereka.

Para peneliti dari Jerman dan Afrika Selatan menganalisis perbedaan antara menggunakan sepatu dengan bertelanjang kaki. Mereka meneliti 810 anak dengan menguji keterampilan motorik anak-anak dengan tiga tes yaitu melalui tes keseimbangan, berdiri lompat jauh, dan sprint 20 meter. 

Dilansir dari Daily Mail, anak-anak tersebut separuhnya berasal dari Afrika Selatan, di mana mereka sering bertelanjang kaki dan separuhnya berasal dari Jerman yang setiap harinya sering menggunakan sepatu.


(Sebuah studi menemukan bahwa dengan bertelanjang kaki pun memiliki beberapa manfaat pada anak-anak salah satunya adalah dapat meningkatkan keterampilan motorik mereka. Foto: Hakase420/Fotolia)

(Baca juga: 6 Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Harus Diketahui Orangtua)

Penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Pediatrics tersebut hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang biasa bertelanjang kaki mendapat skor lebih tinggi pada uji keseimbangan dan uji lompat. Sedangkan anak-anak yang terbiasa menggunakan sepatu secara teratur mendapatkan skor yang lebih tinggi pada uji sprint saja. 

"Berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu secara umum dianggap lebih alami, dan penggunaan alas kaki dianggap dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi perkembangan kesehatan kaki dan pola gerakan," ujar Profesor Astrid Zech dari Universitas Jena, Jerman.

Menurut Health Guidance, perbedaan antara menggunakan sepatu dan bertelanjang kaki mungkin cukup signifikan.

Ketika Anda berjalan menggunakan sepatu, Anda akan memiliki penyangga pada pergelangan kaki dan tumit yang dapat membuat Anda berjalan secara lurus sehingga mungkin akan ada perubahan pada langkah Anda atau mengubah besaran sudut langkah kaki Anda.




(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERKEMBANGAN ANAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018