DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Memasuki Usia 30an, Perubahan Fisik Apa Saja yang Terjadi?

Gervin Nathaniel Purba - 08 Mei 2018 07:01 wib
Anda masih bisa menunda proses penuaan dengan menjalani pola hidup sehat (Foto:Shutterstock)
Anda masih bisa menunda proses penuaan dengan menjalani pola hidup sehat (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Semakin bertambah usia, semakin banyak perubahan fisik yang terjadi. Pada umumnya, perubahan terjadi di kulit, tulang, dan mulai menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Menjadi tua adalah proses yang tak bisa ditolak. Namun, Anda masih bisa memperlambat prosesnya dengan menjaga kesehatan tubuh yang dimulai sejak muda. Terutama ketika memasuki usia 30an.

Proses penuaan mulai terjadi saat seseorang berumur 30 tahun. Ada sejumlah perubahan fisik yang terjadi, seperti dilansir Everydayhealth.

1. Tulang

Tulang dapat menjadi lebih tipis dan lebih rapuh, terutama pada wanita. Kadang-kadang mengakibatkan kondisi tulang rapuh yang disebut osteoporosis.

2. Jantung

Jantung berubah sedikit membesar, detak jantung mungkin menurun, dan terjadi penebalan pada dinding jantung.

3. Sistem Pencernaan

Seiring bertambahnya usia, saluran pencernaan menjadi lebih keras dan kaku, serta tidak terlalu sering berkontraksi. Perubahan ini memicu timbulnya sembelit, sakit perut, dan perasaan mual.

4. Gigi

Enamel keras yang melindungi gigi dari kerusakan mulai hilang sehingga membuat gigi rentan berlubang. Penyakit gusi juga mulai menyerang.

5. Kulit

Kulit mulai kehilangan elastisitas, muncul kerutan, dan keriput.

6. Menurunnya sistem imun

Seiring pertambahan usia, sistem imun tubuh mulai menurun. Ia mengalami yang disebut 
immunosenescence, yakni kondisi sistem daya tahan tubuh lupa atau hilang ingatan terhadap cara menangkal serangan penyakit. Melemahnya kekebalan tubuh membuat seseorang rentan terhadap serangan virus, bakteri, dan parasit.

7. Tubuh menggemuk

Setelah usia 30 tahun, metabolisme tubuh melambat hingga hampir 5 persen. Tubuh membakar 100 kalori lebih sedikit per hari dibandingkan saat masih berusia 25 tahun. Selain itu, semakin tua usia, maka Anda semakin kehilangan massa otot. Massa otot mulai berkurang ketika memasuki usia 30.

Melihat banyaknya perubahan fisik yang terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Sambutlah proses menua dengan berbesar hati. Toh, Anda masih bisa menunda prosesnya dengan menjalani pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan membangun pikiran yang positif.

Yang tak kalah penting, lengkapi nutrisi harian Anda dengan mengonsumsi Entrasol. Entrasol mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh sehingga dengan mengonsumsi Entrasol, disertai pola makan yang sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Zaitun juga bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas  dan mencegah penyakit jantung koroner, serta anti-inflmasi yang dapat membantu mengatasi nyeri pada radang sendi atau arthritis.

P-Bone (High Calcium, High Vit D dan Magnesium) kombinasi sinergis vitamin dan mineral untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 dan 6 dalam jumlah seimbang yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 10 vitamin dan 7 mineral.

Tidak hanya itu, Entrasol juga rendah lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan melonjak. Jangan tunda lagi, minum Entrasol setiap hari agar tetap sehat dan bugar. Juga biasakan olahraga secara teratur tiga kali seminggu, minimal 30 menit.



(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Thu , 18-10-2018