DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Lima Penyebab Perut Kembung dan Cara Mengatasinya

Sri Yanti Nainggolan - 10 Juli 2018 15:15 wib
(Foto: Doctor Net)
(Foto: Doctor Net)

Jakarta: Perut kembung bisa dipicu oleh berbagai hal dan tak bisa diobati dengan cara yang sama. Umumnya, perut kembung disebabkan oleh masalah pencernaan.

Berikut adalah beberapa pemicu perut kembung dan bagaimana cara mengobatinya menurut gastroenterologist Michelle Cohen dari Mount Sinai Doctors, seperti dilansir Cosmopolitan.

1. Konstipasi 

Konstipasi dapat memicu ketegangan pada dinding usus sehingga membuat bakteri usus memfementasi kotoran. Akibatnya, tercipta gas dan arus balik udara dan terjadi kembung. 

Ada tiga cara mengobatinya, yaitu dengan minum kopi, berjalan-jalan, dan konsumsi obat pencahar. Kopi dapat menstimulasi usus dan membuatnya bergerak. Namun, konsumsi kopi berlebih dapat menyebabkan dehidrasi, yang memicu konstipasi. 

Berjalan-jalan membuat detak jantung meningkat sehingga  mengirimkan sinyal pada usus untuk bergerak. Jika kurang bereaksi, obat pencahar adalah pilihan instan agar feses lebih mudah dikeluarkan.

2. Makan terlalu banyak

Makan terlalu cepat membuat banyak udara ikut tertelan sehingga perut menjadi kembung

Cobalah untuk pijat U. Tekan bagian bawah kanan perut, naik ke atas ke arah kiri, kemudian turun (membentuk huruf U).  "Gerakan tersebut berguna untuk menggerakkan usus. Lakukan beberapa menit agar perut tak terasa terlalu penuh."

Selain itu, cobalah minum teh pepermint. Kandungan dalam minuman tersebut membuat usus bergerak, merileksasi saraf usus, dan meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus. 

3. Menstruasi

Tak sedikit perempuan yang merasa kembung saat menstruasi karena meingkatnya hormon progesteron yang berkontribusi dalam retensi cairan dalam tubuh. 

Cobalah letakan bantal pemanas di area perut agar merasa lebih nyaman. Selain itu, minyak peppermint juga sangat direkomendasikan untuk membuat nyaman. Yoga juga salah satu aktivitas fisik yang cukup membantu meringankan masalah perut kembung. 

4. Stres

Kondisi mental dapat mengubah komunikasi antara otak dan perut, yang menyebabkan perut kembung dan sensitif. Cobalah konsultasikan hal tersebut dengan dokter, apakah perlu sampai konsumsi antidepresan. Obat tersebut dapat membantu membuat perut lebih nyaman dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

5. Setelah liburan

Paparan lingkungan yang berbeda, misalnya setelah berlibur, dapat mengganggu keseimbangan bakteri. Akibatnya, perubahan pola makan reguler dan kebiasaan tidur dapat memicu masalah perut. 

Cobalah mengonsumsi prebiotik selama sekitar dua minggu, dengan catatan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan profesional. 





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 14-12-2018