7 Tanda Bahwa Anda Sebenarnya Sedang Depresi

Nia Deviyana - 13 Agustus 2017 10:06 wib
(Foto: Cloudfront)
(Foto: Cloudfront)

Metrotvnews.com, Jakarta: Depresi bisa menimpa siapa saja, bahkan tanpa disadari. Mengidap depresi tersembunyi menjadi salah satu penyebab yang bisa membunuh orang secara perlahan-lahan.

Depresi tidak selalu ditandai dengan menangis, atau perasaan tidak bahagia. Bisa juga ditandai dengan gejala ini.

1. Tak pernah mengungkapkan rasa bahagia

Menurut seorang ahli kesehatan Brett Blumenthal, zona abu-abu atau ketidakpastian apakah seseorang merasa bahagia tau tidak adalah tanda bahwa mereka berada di dua situasi yang bertentangan.

"Jika mereka depresi, mereka mungkin tidak sadar telah mematikan semua emosi mereka untuk menutup emosi seperti kesedihan," tulisnya dalam sebuah blog.

2. Gila kerja

Ketika seseorang memiliki depresi tersembunyi, biasanya mereka akan mengalihkan perhatian dengan cara menyibukkan diri. Ini adalah salah satu cara untuk menyembunyikan emosi dan menjauh dari perasaan mereka.

3. Mudah marah karena hal sepele

Banyak orang berpikir bahwa depresi diatandai dengan perasaan sedih atau cenderung menjadi melankolis. Tetapi, kemarahan juga bisa menjadi tanda umum bahwa seseorang mengalami depresi. Jadi jika Anda mungkin lebih mudah marah karena hal-hal kecil, bisa jadi Anda sebenarnya sedang depresi.

4. Bertindak sembrono

Tanda lain dari depresi yakni Anda cenderung melakukan hal-hal tanpa memikirkan dampak negatif terlebih dahulu. Ini umumnya terjadi pada pria yaitu dengan melakukan hal-hal yang berisiko seperti mengemudi tanpa aturan, seks bebas, berjudi, minum-minum, atau melakukan hal-hal buruk lainnya.

5. Tidak bisa berpikir jernih

Pikiran tak terarah adalah salah satu gejala umum bahwa Anda mengalami depresi. Pikiran keruh dan Anda tidak bisa berpikir dengan jernih seperti biasanya. Orang yang depresi juga mengalami kesulitan untuk fokus pada tugas yang bahkan paling dasar dan mereka menjadi sangat ragu-ragu.

6. Tidak menikmati hobi

Anda mungkin memiliki hobi atau kesenangan yang rutin dilakukan. Namun ketika Anda mulai enggan untuk melakukannya, itu bisa menjadi tanda Anda sedang depresi. Perubahan otak selama depresi dapat membuat Anda kehilangan minat dan kurang termotivasi.

7. Hanya peduli pada diri sendiri

Depresi membuat Anda hanya fokus pada diri Anda sendiri dan kebutuhan Anda. Anda menjadi kurang peduli terhadap orang lain, dan ini dapat menimbulkan perasaan bersalah.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN MENTAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-10-2017