Anggur Merah dan Teh Baik untuk Ringankan Gejala Flu

- 12 Agustus 2017 15:43 wib

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan bahwa secangkir minuman anggur atau teh hangat dapat membantu mengurangi gejala flu yang membuat tubuh tak nyaman.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Washington University School of Medicine menemukan bahwa komponen yang ditemukan pada anggur merah, teh hitam, dan bluberi dapat membantu melawan bakteri infeksi dan mencegah flu parah.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science dan diujicoba pada tikus tersebut menjelaskan bahwa kandungan flavonoid dalam minuman tersebut bekerjasama dengan mikrobiom usus bernama clostridum oribisciden yang dapat menciptakan sebuah metabolit untuk meningkatkan respons imun.

Hasilnya, gejala flu yang dialami semakin berkurang dan kesehatan semakin membaik.

Selama bertahun-tahun, flavonoid telah dianggap sebagai bahan pelindung yang dapat mengatur sistem imun untuk melawan infeksi.

"Flavonoid adalah bahan umum dalam pola makan kita, jadi implikasi penting dalam studi kami adalah flavonoid bisa bekerja dengan mikroba usus untuk melindungi kita dari flu dan infeksi viral lainnya. Meskipun dibutuhkan penelitian lanjut, hasil ini menggembirakan," kata pemimpin studi Ashley Steed.

Namun sayangnya, penelitian ini belum diujicoba pada manusia yang mengalami gejala flu. Selain itu, beberapa efek lain dalam makanan yang mengandung flavonoid seperti anggur, teh, dan bluberi yang membuat tubuh merasa baikan juga masih belum jelas terbukti.


 


ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-08-2017