Ini Penyebab Kenapa Makanan Terasa Pahit saat Sakit

Sri Yanti Nainggolan - 16 Mei 2018 16:44 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ketika dalam keadaan sakit, air putih pun terasa tak enak. Hal ini karena adanya fungsi indra yang tak benar. Menurut MedicineNet, istilah untuk indera perasa yang terganggu adalah dysgeusia.

Ada berbagai macam penyebab dysgeusia, seperti kemoterapi, infeksi, atau kehamilan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Chemical Senses Center di Pennsylvania mengungkapkan mengatakan bahwa protein pengatur dalam sistem kekebalan tubuh kita bertanggung jawab mencicipi makanan secara berbeda.

Studi tersebut berfokus pada orang-orang dengan penyakit jangka panjang, tetapi hasilnya masih bisa digunakan untuk penderita penyakit ringan seperti flu. 

"Pengurangan asupan makanan dan kekurangan gizi yang berkaitan adalah kekhawatiran signifikan yang mempengaruhi prognosis jangka panjang banyak orang yang sakit," ujar peneliti senior Hong Wang, PhD, seorang ahli biologi molekuler di Monell.

"Temuan kami mengungkapkan bahwa rasa pahit diatur oleh sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, TNF dapat membuat orang sakit lebih sensitif sehingga makanan terasa lebih pahit dan kurang berselera."

Tumor Necrosis Factor (TNF) merupakan faktor nekrosis tumor, zat dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Namun, terdapat penjelasan yang lebih sederhana dari itu, yang berkaitan dengan lendir tambahan yang dihasilkan tubuh saat sakit. 

Menurut Heathline, muncul tetesan nasal yang berasal dari bagian belakang hidung ke tenggorokan, dan itu adalah gejala flu yang sangat umum. Lendir kemuian bercampur dengan air liur sehingga memengaruhi indera perasa dan membuat semuanya terasa asin. Setelah demam hilang, maka indera perasa akan merasa lebih baik.

Healthline mengatakan Anda dapat berkumur dengan air garam hangat untuk membantu menyingkirkan lendir tebal, yang memicu rasa aneh pada beberapa makanan. 

Selain itu, kerusakan sementara indera penciuman saat sakit juga turut berpengaruh karena ketika tak bisa mencium apapun, lidah pun tak berfungsi dengan baik. 

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan tetap banyak minum air putih. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, konsumsi air putih juga dapat mengurangi rasa tersumbat pada hidung. 

Lihat video:





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018