Kasur Berkualitas Rendah Tingkatkan Risiko Sakit Pinggang

Sri Yanti Nainggolan - 14 September 2017 12:19 wib
(Foto: Netdoctor)
(Foto: Netdoctor)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kualitas kasur tak hanya berpengaruh terhadap kualitas tidur, tetapi juga kesehatan Anda. Menurut para ahli, kasur dengan kualitas buruk dan keras berpotensi menyebabkan nyeri pinggang.

Jadi, mengganti kasur secara berkala, terutama apabila teksturnya sudah tidak rata menjadi hal yang penting.

"Penggunaan kasur tidur yang sudah tak rata lagi adalah salah. Penyebabnya adalah menurunnya kualitas pegas yang semakin masuk ke dalam," jelas dr Mahdian Nur Nasution, SpBS dari Jakarta Pain & Spine Center dalam temu media, Selasa 12/9/2017).

Ia menjelaskan, kasur yang bagus adalah tetap rata meskipun ditiduri dalam durasi lama, dimana umumnya orang tidur selama enam jam. Dengan demikian, bentuk tulang belakang pun akan tetap terjaga.

Selain kasur, benda lain yang juga dapat memengaruhi bentuk tulang belakang adalah sofa. Tempat bersandar yang empuk ini dapat menyebabkan sakit pinggang bilan terlalu lama diduduki karena teksturnya yang tak keras.

"Jenis kursi yang bagus adalah dengan bantalan keras sehingga tetap menjaga tulang belakang dan otot tulang belakang tetap kuat," ia menambahkan.

Namun, kini variasi bentuk kursi semakin beragam dimana ada yang memiliki bantalan melengkung pada bagian punggung sehingga membantu menjaga bentuk tulang belakang.

"Jenis kursi ini bagua dimana bantalan tersebut juga berfungsi untuk meratakan beban di punggung," tutup dr Mahdian.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017