6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuat Terlihat Tua

Raka Lestari - 13 September 2017 13:40 wib
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar kulit terlihat lebih muda yaitu dengan melindunginya menggunakan SPF. (Foto: Freestocks Org/Unsplash.com)
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar kulit terlihat lebih muda yaitu dengan melindunginya menggunakan SPF. (Foto: Freestocks Org/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ternyata banyak kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari secara sadar atau tidak sadar, dapat membuat Anda terlihat jauh lebih tua beberapa tahun dari usia Anda yang sbenarnya.

Hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini karena bisa menyebabkan penuaan dini. berikut ini adalah sesuatu yang seharusnya bisa Anda hindari.



1. Lupa menggunakan tabir surya
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar kulit terlihat lebih muda yaitu dengan melindunginya menggunakan SPF. Paparan sinar UV menyebabkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel kulit itu sendiri. Hal ini menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerutan, bintik hitam, dan dapat menyebabkan kanker kulit.



2. Waktu tidur kurang
Tidur tidak hanya mempertahankan kesegaran Anda namun juga membantu Anda terlihat lebih muda. Sel kulit Anda bekerja sesuai dengan fungsi irama sirkadian yang bekerja aktif pada siang hari. Dan memperbaiki sel-sel rusak karena terkena polusi atau sinar mataharipada malam hari.

(Baca juga: Permainan Teka-teki Silang Bikin Otak Awet Muda)



3. Jarang mengonsumsi buah dan sayur
Menurut American Academy of Dermatology (AAD) mengonsumsi makanan seimbang yang sarat dengan buah dan sayuran dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan dini. Hal ini karena sayur dan buah mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan dan vitamin yang dapat membantu melawan radikal bebas.



4. Terlalu banyak makan mengandung gula
Terlalu banyak makanan manis dapat menyebabkan glikasi, sebuah proses dimana molekul gula menempel pada kolagen Anda. Hal ini membuat kolagen dalam kulit Anda menjadi kurang fleksibel dan mendorong terjadinya kerutan dini.



5. Merokok
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghisap rokok memiliki kantung mata yang lebih besar, lebih banyak keriput pada bibir, dan rahang. Merokok juga dapat menurunkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit Anda dan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi sirkulasi darah.



6. Minum terlalu banyak alkohol
Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat menurunkan kadar antioksidan di kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan radikal bebas pada kulit Anda. Alkohol juga bisa memicu terjadinya keriput pada wajah karena cenderung mengeringkan kulit.  











(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AWET MUDA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017