Mungkinkah Ibu Hamil Lagi ketika Masih Menyusui?

Torie Natalova - 16 Mei 2018 17:35 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hamil ketika masih menyusui bayi masih jarang terjadi. Saat sedang menyusui bayi, seorang ibu mungkin mengalami hal yang dikenal sebagai amenore laktasi. Ini adalah kondisi dimana wanita tidak mendapatkan haid karena sedang menyusui.

Tubuh Anda memproduksi hormon prolaktin yang memungkinkan Anda untuk menyusui, dan hormon itu menekan estrogen. Inilah yang membuat wanita menyusui tidak haid.

Namun, jika Anda tetap berhubungan seks dan tidak menggunakan kontrasepsi, kehamilan bisa saja terjadi. Banyak wanita menganggap menyusui sebagai kontrasepsi alami sehingga merasa tidak mungkin hamil pada masa ini. 

Seorang wanita juga mengalami masa subur ketika sedang menyusui, tetapi kadang sulit untuk mendeteksinya terutama jika wanita tesebut tidak memiliki jadwal haid yang normal.

Sebagian besar wanita tidak menyadari bahwa masa subur bisa saja terjadi sebelum haid. Ada beberapa tanda hamil saat sedang menyusui yang pada dasarnya sama dengan gejala kehamilan pada umumnya.

1. Kelelahan

Sulit untuk mengetahui perbedaan antara kelelahan terkait kehamilan dan kelelahan menjadi ibu baru. Kehamilan bisa jadi sangat berat bagi tubuh sehingga membuat Anda kelelahan.

2. Lebih sering buang air kecil

Aliran darah berlebih ke janin yang sedang berkembang menghasilkan banyak urine di ginjal Anda. Menyusui sering membuat wanita haus sehingga mereka memperbanyak asupan cairan yang juga bisa memicu keinginan buang air kecil lebih sering.

3. Mual

Saat hamil, tubuh mengalami peningkatan hormon HCG yang bisa membuat Anda merasa sangat mual atau sakit.

4. Nyeri payudara

Fluktuasi hormon estrogen dan progesteron menyebabkan nyeri payudara. Tapi, gejala ini sulit dideteksi karena Anda juga dapat mengalaminya ketika menyusui. 

Tak perlu menghindari berhubungan intim dengan suami saat sedang menyusui anak pertama Anda. Menggunakan alat kontrasepsi bisa melindungi Anda dari kehamilan saat sedang menyusui. 





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEHAMILAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018