Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Kenali Kelainan Rahim Lubang Tuba Tertutup

Yatin Suleha - 14 Juni 2018 07:00 wib
Setelah menikah beberapa tahun tak juga kunjung dikaruniai sang buah hati. Bisa jadi Anda atau pasangan Anda mengalami kelainan rahim lubang tuba tertutup. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)
Setelah menikah beberapa tahun tak juga kunjung dikaruniai sang buah hati. Bisa jadi Anda atau pasangan Anda mengalami kelainan rahim lubang tuba tertutup. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Setelah menikah beberapa tahun tak juga kunjung dikaruniai sang buah hati. Walau sudah melakukan banyak hal. Bisa jadi Anda atau pasangan Anda mengalami kelainan rahim lubang tuba tertutup.

Menurut dr. Handi Suryana, SpOG, dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta kelainan rahim lubang tuba tertutup dikenal dengan sebutan tuba falopi. 

"Di kiri dan kanan rahim terdapat dua saluran. Saluran ini berfungsi untuk jalan telur untuk dibuahi. Jadi, dari indung telur dilepas melalui saluran lubang tuba tersebut lalu terjadi pembuahan dan setelah itu masuk ke dalam. Jika lubang tuba tertutup, secara otomatis wanita jadi sulit hamil karena telur sulit lewat," ujar dr. Handi.

(Baca juga: 5 Faktor yang Bisa Meningkatkan Peluang Hamil)


(Setelah menikah beberapa tahun tak juga kunjung dikaruniai sang buah hati. Bisa jadi Anda atau pasangan Anda mengalami kelainan rahim lubang tuba tertutup. Foto: Shashank Sahay/Unsplash.com)

Dua macam penyebab tuba falopi
"Lubang tuba tertutup ada dua macam, yaitu bisa secara anatomis atau secara fungsional. Secara anatomis itu bisa tersumbat atau memang tidak tersumbat, melainkan permukaannya yang rusak. Karena lapisan dalam saluran ini penting untuk transportasi telur."

Dr. Handi menambahkan lagi jika ia infeksi berulang, maka dikategorikan sebagai lubang tuba tertutup secara fungsional, mungkin bisa saja tidak tersumbat, tapi fungsinya sebagai saluran juga hilang. "Nah, infeksi adalah merupakan 20-30 persen dari penyebab terjadinya infertilitas," jelas dr. Handi.

Penyebab lubang tuba tertutup
"Tidak semua wanita mengalami lubang tuba tertutup," papar dr. Handi. Kebanyakan lubang tuba tertutup paling banyak disebabkan karena terjadinya infeksi. "Infeksi ini yang paling sering karena penyakit hubungan kelamin. Tentu saja hal ini bukan karena keturunan. Penyebab kedua adalah karena endometriosis," tukas dr. Handi.





(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 19-06-2018