Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

6 Hal yang Wajib Diketahui Penderita Sindrom Iritasi Usus

Torie Natalova - 14 Maret 2018 15:31 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sindrom iritasi usus besar berkaitan dengan saraf yang sensitif di bagian usus. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dan kram yang umumnya dirasakan sebagai gejala awal.

Kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut. Beberapa cara berikut ini direkomendasikan bagi Anda penderita sindrom iritasi usus, seperti dilansir dari Prevention.

1. Pertimbangkan pengobatan

Bicarakan keluhan Anda pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Jika Anda memiliki sindrom dengan konstipasi, maka obat pencahar dapat membantu. Jika Anda menderita sindrom dengan diare, obat seperti loperamide dapat membantu mengendalikan gejalanya.

2. Cobalah probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa perubahan flora usus dapat memicu iritasi usus dengan meningkatkan peradangan dan mengubah motalitas pencernaan. Bagi beberapa orang, probiotik dapat mengurangi gejala dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab 
penyakit, memperlambat gerakan usus, dan melawan peradangan.

3. Perbanyak makanan serat tinggi

Jika Anda memiliki sindrom iritasi usus jenis apapun, memperbanyak asupan serat dapat meredakan gejala. Makanan berlemak 
tinggi dapat menyebabkan masalah dengan menginduksi kontraksi usus besar lebih cepat dari biasanya, yang bisa memicu kram dan 
diare.

4. Berolahraga

Berdasarkan penelitian, latihan 30 menit seperti berjalan cepat dapat secara signifikan membantu mengurangi gejala umum seperti konstipasi dan kram perut. Lakukan olahraga ini dengan rutin untuk manfaat yang maksimal.

5. Kurangi tingkat stres

Stres dapat memicu sindrom iritasi usus, sebagian karena hubungan saraf antara otak dan usus, sehingga stres dapat membuat pikiran lebih sadar akan kejang kolon yang menyakitkan. Kurangi stres dengan meluangkan waktu untuk relaksasi sejenak.

6. Hindari makanan mengandung susu

Penderita iritasi usus memiliki pemicu yang berbeda. Jika Anda mengalami kembung, hindari makanan yang mengandung gas. Beberapa penderita sindrom ini biasanya mengalami intoleransi laktosa, sehingga mengurangi produk susu dapat menghindari Anda dari penyakit ini. Kafein juga bisa membuat diare lebih parah, jadi batasi kopi dan teh maksimal tiga cangkir sehari.

Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-06-2018