DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Tips Memotret Dalam Air Bagi Pemula

Sri Yanti Nainggolan - 05 Juni 2018 12:50 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kecanggihan teknologi membuat kita semakin bisa bereksplorasi, termasuk melakukan underwater photography atau memotret dalam air, yang dulu hanya bisa dilakukan para profesional. 

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin mengambil foto atau video dalam air dari kameramen Blue Planet II, Patrick Dykstra, dilansir dari Independent. 

1. Usahakan tangan tetap stabil

"Memang tak mudah, tapi ini adalah hal utama yang harus dikuasai pemotret amatir. Dalam air, sebaiknya gunakan pelampung atau beban sesuai kebutuhan supaya lebih stabil saat memotret," jelas Dykstra. 

2. Atur kamera

Aturlah kamera menjadi 60, 90, atau 120 bingkai per detik, lalu putar kembali dengan kecepatan setengah lebih cepat atau lebih lambat. 

"Karena tak menggunakan tripod, pemotretan dalam air kemungkinan menggunakan pergerakan dengan kecepatan lambat penting," jelasnya. 

Untuk video berkualitas yang layak, Dykstra menyarankan setidaknya 24 bingkai per detik.

"Memperlambat rekaman bawah air sedikit membuatnya lebih stabil dan memberikan tampilan yang lebih profesional," tambah Dykstra.

3. Pastikan cahaya matahari dari belakang

Sinar matahari yang datang dari belakang akan memberikan efek leih baik. 

"Sinar tersebut membuat foto Anda lebih berwarna dan mengurangi backscatter dalam bidikan, yaitu partikel kecil dalam air yang diterangi oleh matahari," terangnya. 

4. Foto yang hidup

"Banyak foto atau video yang bagus tak selalu bisa bercerita. Jika Anda tahu apa yang ingin Anda ceritakan, lakukan riset kecil untuk mengenal hewan yang ingin Anda foto," tambahnya. 

5. Menikmati

Saking sibuknya mendapatkan foto atau video yang bagus, terkadang kita lupa menikmati keindahan dalam laut dengan mata sendiri. 

"Jangan terus-menerus melihat dari viewfinder, nikmatilah dengan santai. Saat Anda bersenang-senang, orang akan juga akan senang dengan bidikan Anda," tambahnya. 






(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 18-10-2018