DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.062.067.101 (16 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

9 Kebiasaan Baik Sebelum Perjalanan Liburan

Pelangi Karismakristi - 26 Desember 2017 17:30 wib
Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Perjalanan liburan bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan. Agar kualitas perjalanan liburan tidak berkurang, Anda perlu melakukan beberapa hal.

1. Buat daftar barang bawaan

Buatlah daftar barang bawaan yang mungkin Anda perlukan selama liburan.

2. Minta saran

Anda bisa meminta masukan dari teman, keluarga atau orang yang Anda percaya mengenai rekomendasi tempat wisata maupun kuliner di tempat tujuan wisata. Saran dari orang yang sudah pernah ke tempat yang Anda akan tuju lebih baik, karena bisa mengarahkan perjalanan Anda berdasarkan pengalamannya.

3. Kemasi barang lebih awal

Pengepakan barang bawaan setidaknya satu malam sebelum perjalanan, atau lebih baik beberapa hari sebelumnya. Jika mulai berkemas jauh hari sebelum berangkat, Anda bisa membawa barang yang sudah terpikirkan.

Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk mengepak barang, atau Anda akan mendadak stres dan bingung karena melupakan sesuatu yang penting.

4. Buat banyak salinan dokumen penting

Sebuah ide yang bagus bila Anda menyiapkan dan meninggalkan fotokopi identitas, asuransi perjalanan, paspor dan jadwal perjalanan di rumah. Sehingga bila kehilangan sesuatu, keluarga Anda bisa mengirimkannya.

Atau bisa juga Anda menyimpan paspor asli dan dokumen penting lainnya di hotel dan membawa fotokopi saat Anda bepergian.

5. Bawa botol air

Bawa botol air kemana pun Anda pergi, sehingga bisa selalu mengisi ulang dan tetap terhidrasi sepanjang perjalanan. Anda tak pernah tahu kapan Anda akan dekat atau jauh dari tempat mendapatkan air.

6. Pastikan perangkat elektronik menyala

Bawalah adaptor dan pengisi daya kemana pun Anda pergi. Isilah semua daya perangkat saat Anda tidur, sehingga ketika berangkat pagi, semua baterai perangkat telah penuh.

7. Simpan uang dengan baik

Ketika berjalan-jalan, ada baiknya Anda tetap waspada menyimpan uang di bagian yang tak terlihat. Jangan memasukkan barang berharga di saku belakang, agar tak menjadi incaran pencopet.

8. Download aplikasi Google Maps offline

Google menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya mendownload peta area tempat Anda berada, sehingga ketika Anda tak menggunakan wifi dan layanan seluler, tetap dapat menavigasi.

9. Ambil foto rincian penting

Ambil lah foto alamat hotel, jadwal perjalanan, nomor tiket (kode booking tiket), informasi tempat parkir, nomor penerbangan, nomor kamar hotel, dan lainnya. Ini untuk mencegah bila Anda lupa atau ada barang yang tertinggal.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATAWAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 16-10-2018