Kembangkan Batik, Lihat Tren Pasar Dulu

Sri Yanti Nainggolan - 15 Februari 2017 12:33 wib
Batik sebagai suatu budaya dalam negeri tentunya perlu terus dilestarikan. Namun, dalam pengembangan dan pemasarannya, diperlukan strategi tertentu. (Foto: Popsu.gr)
Batik sebagai suatu budaya dalam negeri tentunya perlu terus dilestarikan. Namun, dalam pengembangan dan pemasarannya, diperlukan strategi tertentu. (Foto: Popsu.gr)

Metrotvnews.com, Jakarta: Batik sebagai suatu budaya dalam negeri tentunya perlu terus dilestarikan. Namun, dalam pengembangan dan pemasarannya, diperlukan strategi tertentu. 

Demikian menurut Syaiful CH, pemilik kios Batik Madura di Trade Mall (TM) Thamrin City, yang berjualan di Lantai Dasar pusat batik terkenal di Jakarta tersebut. 
 
“Awalnya saya berusaha Batik Madura dari nol, tetapi melalui berbagai pembinaan dan pembekalan, sekarang saya tahu pentingnya berkreasi untuk mengembangkan batik Madura sesuai tren pasar” ujar Saiful, dalam siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (15/2/2017).

Syaiful bahkan tidak segan untuk mempelajari berbagai referensi batik pesisir ini bahkan sampai ke Jepang untuk mengelaborasi potensi batik Madura yang ditekuninya.
 
(Baca juga: 5 Jenis Batik yang Belum Banyak Diketahui)

“Saya kaget ketika menemukan referensi buku model batik Madura di Jepang yang sangat lengkap. Ini kesempatan untuk menampilkan ribuan corak Batik Madura hingga dikenal masyarakat luas,” kata Saiful. 

Pedagang dan pengrajin batik asal Tanjungbumi Bangkalan, Madura tersebut pun mulai mengembangkan usaha dari daerahnya tersebut hingga memiliki 5 kios Batik Madura.  

Saiful menambahkan, saat ini ia juga melayani bisnis eceran maupun penjualan grosir berjumlah hingga ratusan kodi label Batik Madura ke berbagai kota di Indonesia.

Tak hanya di dalam negeri, juga mencapai ke luar negeri, contohnya seperti Medan, Banjarmasin, Makassar, Singapura, dan Kuala Lumpur. Ia mengaku, kebanyakan pesanan adalah jenis batik tulis.

(El Anexo Arte Contemporáneo. Dok. Shein.com)

“Bagi saya dan keluarga besar yang mengembangkan Batik Madura di sini, usaha ini sangat menguntungkan tidak hanya dari sisi omzet tetapi juga dapat ikut melestarikan budaya batik nusantara,” katanya.







(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BATIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-04-2017