Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

Peran Penting Dunia Akademik dalam Perkembangan Pariwisata

Putu Radar Bahurekso - 08 Mei 2016 15:53 wib
Ilustrasi: Pulau Bali (Foto:Antara)
Ilustrasi: Pulau Bali (Foto:Antara)

Metrotvnews.com, Bandung: Kebutuhan untuk mengadakan forum pariwisata internasional dinilai penting sejak berkembangnya pariwisata di wilayah Asia pada tahun 90an. Pada 1993, dibentuk Asian Tourism Forum (ATF) yang diadakan pertama kali di Ho Chi Minh, Vietnam.

Asian Tourism Forum (ATF) kemudian menjadi wadah bagi para praktisi dunia pariwisata mulai dari akademisi, pembuat kebijakan, juga peneliti untuk bisa kolaborasi penelitian lebih lanjut dan memperluas jaringan dengan tujuan utama untuk pengembangan pemasaran dan manajemen pariwisata di Asia.

Dunia akademik dianggap memiliki peranan penting dalam memajukan pariwisata. Diharapkan melalui berbagai penelitian, analisis, serta pengembangan SDM dapat memajukan industri pariwisata.

"Peran dunia akademik tentunya berpengaruh terhadap perkembangan dunia pariwisata. Di negara lain peran akademik sudah sangat maju untuk pariwisata," ujar Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, di Gedung Sate, Bandung Sabtu (7/5/2016).

Diadakannya ATF juga dapat membantu para pelaku dunia pariwisata untuk semakin berkembang. Dalam ATF ke-12 yang diadakan di Bandung ini setidaknya diikuti 460 orang dari 21 negara.

“Dari sekitar 460 peserta yang ikut itu ada 300 orang Indonesia. Tentu ini juga bisa untuk mengembangkan sumber daya manusia disini jadi sekalian belajar,” ungkap Arief Yahya.

“Dari 460 orang yang datang itu rata-rata kebanyakan dosen, akademisi, mahasiswa. Selain itu juga ada 130 karya tulis tentang pariwisata yang masuk,” lanjutnya.

Kaye Chon, seorang profesor dari Hong Kong Polytechnic University dan juga pendiri ATF, menjelaskan bahwa dunia akademik memiliki pengaruh besar terhadap pariwisata.

“Kalau untuk peran akademik dalam dunia pariwisata yang sudah maju dan baik itu seperti di Hong Kong. Selain itu akademik dunia pariwisata yang juga berkembaga adalah di Korea Selatan. Disana ada institut penelitiannya sendiri. Kalau untuk negara-negara ASEAN yang paling maju itu Thailand,” ungkap Kaye Chon.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-07-2018