DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.062.067.101 (16 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Hindari Mengonsumsi Ikan Mentah dari Laut Dangkal

Raka Lestari - 06 Desember 2017 18:47 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Makanan Jepang identik dengan raw food  atau yang masih mentah. Mengonsumsi raw food  sebenarnya sangat sehat asalkan diolah dan dipersiapkan dengan baik. Dengan mengonsumsi raw food  kandungan gizi dalam makanan masih terjamin karena terkadang kandungan gizi dalam beberapa makanan justru hilang saat sudah dimasak secara berlebihan.

Namun Anda juga perlu berhati-hati jika mengonsumi raw food  yang berasal dari laut. Menurut Chef Eko, juru masak makanan Jepang dari culinaria modena, ikan atau seafood  yang berasal dari laut dangkal sebaiknya jangan dikonsumsi mentah karena bisa mengandung banyak bakteri jika lautnya sudah tercemar.

Menurut Chef Eko, salah satu seafood  yang perlu diwaspadai adalah kerang,

"Karena kerang memfilter air laut sehingga akan bahaya banget jika kita tidak memilih kerang yang masiih fresh. Seperti di Jepang misalnya, seafood  yang masih bagus biasanya berasal dari perairan Laut Utara, Hokkaido salah satunya."

Di Indonesia, menurut Chef Eko, bisa dipilih seafood yang berasal dari daerah Timur Indonesia seperti Maluku dan Papua karena laut di sana masih bersih.

Memilih seafood  yang masih segar sangat dianjurkan karena jika tidak akan memberikan dampak negatif bagi tubuh, terutama pada bagian liver atau hati. Dan, jika ingin mengonsumsi ikan yang mentah sebaiknya pilihlah ikan yang berasal dari laut dalam.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS MEMASAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 16-10-2018