Seniman Korea Antusias Pelajari Alat Musik Gamelan

- 12 Februari 2017 14:45 wib
(Foto: Trifty Qurrota Aini)
(Foto: Trifty Qurrota Aini)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Komunitas seni memang seharusnya menjadi ruang berekspresi sekaligus medium efektif untuk melestarikan budaya Indonesia. Melalui komunitas seni juga, budaya Indonesia bisa dikenal luas oleh masyarakat internasional.

Hal itu telah dilakukan Komunitas Gayam 16 yang hingga kini berkomitmen untuk melestarikan musik Indonesia dan memperkenalkannya ke kancah internasional.

"Komunitas Gayam 16 merupakan komunitas yang sangat mencintai musik Indonesia, khususnya Gamelan," tutur Putri Raharjo, manager Komunitas Gayam 16.

Dikatakan Putri, tak sedikit orang asing mengunjungi basecamp mereka di Jalan Mantringawen Lor Nomor 9, Yogyakarta untuk belajar gamelan dan membuat kolaborasi kreatif. Salah satunya para musisi dari Seoul Institute of The Arts dan seniman di bidang acting dan puppetry dari Korea Selatan.

Tamu dari negeri ginseng ini tampak serius belajar memainkan balungan, pencon, dan alusan.

Bicara soal kolaborasi musik tradisional antar negara, Komunitas Gayam 16 juga pernah berkolaborasi menampilkan musik gamelan bersama para musisi di Prancis pada April 2015.

Komunitas yang didirikan oleh seniman Sapto Raharjo ini juga sering mengadakan workshop dan pelatihan gamelan. Tak heran jika komunitas ini cukup familiar di kalangan masyarakat Internasional.

Komunitas Gayam 16 juga secara rutin menggelar Yogyakarta Gamelan Festival, acara berskala internasional yang diikuti musisi lebih dari 20 negara. Acara tahunan ini merupakan bukti kecintaan dan dedikasi para seniman Yogyakarta untuk menggaungkan nama gamelan di panggung Internasional. (Trifty Qurrota Aini)
(DEV)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017