Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Yuk! Piknik ke Kota Solo

Pelangi Karismakristi - 05 Juni 2018 13:00 wib
Museum Keris di Kota Solo (Foto: Dok. Pemkot Surakarta)
Museum Keris di Kota Solo (Foto: Dok. Pemkot Surakarta)

Solo: Kota Surakarta atau Kota Solo, kaya akan potensi seni dan budaya. Tak heran jika kota ini punya daya pikat untuk dijadikan tujuan wisata.

Sebagai Kota Jasa Wisata, Solo menawarkan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, di antaranya Lokananta yang akan membawa Anda kembali pada romantisme jagad hiburan Nusantara masa lampau.

Di sana tersimpan ribuan keping piringan hitam, berisi rekaman lagu para pesohor bersuara emas, di antaranya Waldjinah, Gesang, Titik Puspa, Bing Slamet, dan Sam Saimun. Selain itu, terdapat pula piringan hitam yang berisi sejumlah pidato kenegaraan Presiden Soekarno. 





Berdiri sejak 1956, Lokananta adalah perusahaan rekaman musik pertama dan satu-satunya milik negara. Hingga saat ini, Lokananta masih setia di jalur rekaman. 

Bila Anda penggemar senjata tradisional keris, bisa berkunjung ke Museum Keris. Berada di jantung Kota Solo, Museum Keris dapat menjadi pilihan wisata dan mengenal salah satu kekayaan Tanah Air.

Selain menyimpan ribuan bilah keris dari berbagai daerah dan zaman, Anda juga akan diajak mengenang kisah kepahlawanan masa lalu. Bahkan Anda bisa langsung mengetahui proses terciptanya sebilah keris dari Sang Empu.

Beranjak ke tengah Kota Solo, ada Taman Balekambang yang merupakan peninggalan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegara VII sebagai hadiah bagi kedua putri kembarnya, Gusti Raden Ayu Partini dan Gusti Raden Ayu Partinah. 

Taman seluas 10 hektare ini terbagi dalam dua bagian, yakni Hutan Partinah Bosch dan Taman Air Partini Tuin. Lokasi tersebut berdiri sejak tahun 1921 dengan memadukan konsep Jawa dan Eropa.



Dengan predikat sebagai Kota Paling Layak Huni, Pemkot Surakarta terus berupaya menata bebagai fasilitasnya. Salah satunya, dengan mendirikan Taman Cerdas di beberapa lokasi.

Taman Cerdas menjadi tempat untuk berbagai hal, mulai dari ilmu pengetahuan, seni dan budaya, serta pengetahuan umum. Taman yang berdiri di atas lahan seluas tiga ribu meter persegi, juga berfungsi sebagai tempat berinteraksi yang nyaman dan bermanfaat. 

Pada malam hari, Anda dapat menikmati keindahan kota di tepian Sungai Bengawan Solo. Di kawasan Jalan Gatot Subroto ini, terdapat destinasi menarik di malam hari berupa aneka lukisan cantik dengan tema menarik. 

Jika Anda ingin mengadakan meeting dengan suasana berbeda, bisa mencoba sensasi lain dengan menggunakan bus Gatotkaca. Bus ini menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan meeting Anda, sembari menyusuri jalanan Kota Solo. Bus ini merupakan salah satu upaya Pemkot Solo dalam mewujudkan Solo menjadi kota meeting, incentive, convention, dan exhibiton (MICE). 



Puas berjalan-jalan di seputar kota, Anda bisa memuaskan hasrat kuliner dengan ragam pilihan menu. Misalnya, tumpeng nasi kuning yang merupakan sajian warisan nenek moyang.

Tumpeng nasi kuning biasanya disajikan bersama berbagai jenis lauk yang menggugah selera. Selain itu, ada juga jajanan pasar tradisional yang kaya rasa, kaya warna, dan kaya cerita.
(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA JAWA TENGAH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Tue , 19-06-2018