Cara Menghangatkan Kembali Kentang Goreng Supaya Tidak Lembek

Raka Lestari - 13 Maret 2018 13:53 wib
Cara sempurna untuk memanaskan kembali kentang goreng adalah dengan menggorengnya dengan teknik deep fry. (Foto: Stephanie McCabe/Unsplash.com)
Cara sempurna untuk memanaskan kembali kentang goreng adalah dengan menggorengnya dengan teknik deep fry. (Foto: Stephanie McCabe/Unsplash.com)

Jakarta: Untuk mengurangi sisa kentang goreng yang tidak termakan, beberapa orang terkadang memutuskan untuk menghangatkannya kembali.

Namun alih-alih mendapat kentang goreng yang renyah, yang terjadi malah kentang goreng yang lembek dan tidak menggugah selera jika sudah dihangatkan kembali. 

Magda Ganea, dari The Real Food Cafe,yang juga pernah mendapatkan gelar juara kedua di National Fish and Chip Awards 2018 tersebut menjelaskan, "Alasan terbesar keripik menjadi lembek saat dipanaskan kembali adalah kelembapan," ujar Magda kepada Metro.co.uk.

"Kentang penuh dengan kelembapan yang akan terlepas saat dipanaskan kembali, terutama di microwave atau oven dimana uapnya tidak bisa lepas."

Ia menyarankan ketika akan menghangatkan kembali kentang goreng sebaiknya ketika ada sisa kentang goreng langsung dimasukkan ke dalam lemari es dan langsung menutupnya namun jangan terlalu rapat.

"Menutup kentang terlalu rapat dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri," katanya. 


(Cara sempurna untuk memanaskan kembali kentang goreng adalah dengan menggorengnya dengan teknik deep fry. Foto: Emmy Smith/Unsplash.com)

(Baca juga: Keunikan Sejarah Kentang Goreng Belgia)

"Ketika harus menggoreng ulang kentang pastikan kentang gorengnya kering terlebih dulu. Gunakan handuk dapur untuk mengeringkannya atau Anda bisa menggunakan garam untuk membantu mengeluarkan kelebihan air," ujjar Ganea.

Cara sempurna untuk memanaskan kembali kentang goreng adalah dengan menggorengnya dengan teknik deep fry dan menggorengnya menggunakan wajan adalah pilihan terbaik. Lalu ketika menggorang, Ganea menyarankan agar menggunakan wajan yang sangat panas dengan sedikit minyak. 

Yang terpenting adalah dengan menggorengnya pada suhu tinggi dan dengan waktu yang sangat cepat. Janngan terlalu lama menggorengnya. Atau jika memang Anda menginginkan kentang yang masih kering sebaiknya jangan menggorengnya secara berlebihan agar tidak ada kentang goreng yang tersisa. 









(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018