Kopi Jamur, Minuman Unik Asal Finlandia

Sri Yanti Nainggolan - 01 Februari 2017 18:10 wib
(Foto: Independent)
(Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi semakin mengalami perkembangan dalam bentuk penyajian. Bahkan, kini ada kopi yang terbuat dari jamur, yang diprediksi akan menjadi tren makanan sehat ke depan.

Para peneliti menemukan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, mencegah alzheimer, dan menurunkan risiko depresi. Namun, minuman tersebut juga memiliki efek negatif seperti menyebabkan insomnia dan rasa cemas.

Para pembuat kopi jamur dari Finlandia, bernama Four Sigmatic, mengklaim bahwa kopi tersebut menawarkan rasa yang sama dengan kafein biasa tanpa menimbulkan efek samping. Bahkan, menurut ulasan para ahli minuman, kopi jamur memberi kesan 'kaya' dan 'mellow' dimana terasa seperti campuran antara kopi dan teh.

Tero Isokauppila, penemu kopi mengungkapkan bahwa pada awalnya orang-orang terkejut dengan ide yang dimilikinya.

Four Sigmatic mengklaim bahwa jamur obat yang mereka gunakan dapat meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan produktivitas tanpa memberi efek samping yang ditimbulkan kopi biasa.

Proses tersebut dimulai dengan mencairkan lalu mengeringkan berbagai jenis jamur untuk dijadikan ekstrak yang nantinya dicampurkan dengan kopi biasa.

Jenis jamur Maitake dipilih karena dipercaya dapat mengatir tingkat gula darah. Selain itu, ada juga jenis jamur Alkalin Chaga yang mampu menetralkan asam dari kopi penyebab sakit perut. Selain pada jamur, proses tersebut juga dipraktekkan pada cokelat.

Namun, editor nutrisi dari Health.com Cynthia Sass memperingatkan bahwa meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya hindari membuat kopi jamur secara mandiri di rumah. Hal ini dikarenakan beberapa jenis jamur dapat memberi efek tertentu bila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan khusus, seperti jamur Maitake.

"Perlu diketahui bahwa jamur Chaga memilik efek  mengentalkan darah, jadi sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum operasi," sarannya.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KOPI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 28-03-2017