Newsline

10 Destinasi Wisata Selam Terbaik Dunia Ada di Indonesia

- 13 Februari 2017 15:26 wib
Penyelam mengeksplor bangkai kapal bekas Perang Dunia ke-II di Tulamben, Bali. (Foto: Istimewa)
Penyelam mengeksplor bangkai kapal bekas Perang Dunia ke-II di Tulamben, Bali. (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keindahan laut Indonesia memang tak diragukan lagi. Baru-baru ini Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan potensi wisata selam terbaik di seluruh dunia tahun 2017 versi Dive Magazine.

Ketua Percepatan Pembangunan Wisata Selam Indonesia Cipto Aji Gunawan mengakui bahwa ada banyak titik wisata selam di Indonesia yang bisa dikatakan sebagai surga bahari bagi para penyelam. Sedikitnya ada 33 destinasi wisata selam di Indonesia dipetakan oleh Kementerian Pariwisata yang disebut paling indah di nusantara.

"Dari 33 destinasi itu kami membuat 10 destinasi wisata utama penyelaman. Dari 10 destinasi itu terlihat peningkatan wisman yang cukup baik dari dalam maupun luar negeri," kata Cipto Aji, dalam dialog Newsline Metro TV, Senin (13/2/2017).

Destinasi wisata selam utama yang sudah dipetakan oleh Kementerian Pariwisata itu ada di Bali, Raja Ampat, Lombok, Labuan Bajo, Alor, Derawan, Togean, Wakatobi, Ambon Banda, Bunaken.

Bicara pariwisata, kata Cipto Aji, tak lepas dari selera pribadi masing-masing orang. Namun, jika bicara wisata selam, maka yang dibicarakan adalah fakta. Fakta bahwa Indonesia merupakan pusat keanekaragaman bahari dunia.

Meski destinasi wisata selam di Indonesia diakui sebagai yang terbaik di dunia, Cipto Aji mengakui bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan agar predikat terbaik itu sempurna. Salah satunya problem sampah yang sudah menjadi persoalan pariwisata nasional.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi sampah yang bisa memperburuk citra wisata selam Indonesia, pihaknya sudah membuat dua Peraturan Menteri Pariwisata yang akan mengatur operasional syarat dan standarisasi usaha selam dan operasional penyelenggaraan wisata selam.

"Kami bertekad menjalankan Permen itu dengan baik, maka hal-hal terkait kerusakan lingkungan dan berpotensi membahayakan bisa kita kurangi," jelasnya.

 


(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PARIWISATA INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 20-08-2017