Sambut Kemerdekaan, Kopi Kintamani Dihidangkan di Istana Negara

Sri Yanti Nainggolan - 15 Agustus 2017 17:56 wib
(Foto: IST)
(Foto: IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah semakin aktif memberikan perhatian bagi usaha kopi lokal, salah satunya dengan menyajikan kopi Kintamani di Istana Negara pada tanggal 15-17 Agustus 2017 dalam rangka memeringati ulang tahun ke-72 Republik Indonesia.

Dengan hadirnya kopi asal Bali tersebut, diharapkan variasi kopi yang beragam di tanah air akan semakin dikenal, demikian rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Keunikan dari kopi Kintamani adalah cita rasanya yang khas, yakni aroma citrus/jeruk dengan tingkat keasaman yang rendah (arabika). Inilah mengapa kopi yang ditanam di dataran tinggi tersebut banyak diminati oleh konsumen internasional.

Kopi ini merupakan kopi pertama Indonesia yang mendapatkan sertifikat HAKI dengan Indikasi Geografis.

Berbicara soal usaha kopi lokal, Pemerintah melihat bahwa kreativitas dan usaha masyarakat Indonesia perlu menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Usaha kopi memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan karena permintaan kopi dunia setiap tahun terus meningkat. Terbukti, konsumsi kopi dunia naik dari 135,03 juta kantong pada tahun 2010 menjadi 136,5 juta kantong pada tahun berikutnya.

Namun, ekspor kopi Indonesia pada tahun 2011 justru menurun 21 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2010.

Oleh karena itu, promosi kopi Kintamani yang dihadirkan di Istana Merdeka diharapkan mampu membuat masyarakat, terutama generasi muda, untuk semakin terdorong menggerakan usaha kopi dari hulu ke hilir, mengingat Indonesia memilik beragam jenis kopi.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KULINER
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017