Tips Memilih Durian yang Matang

Rhobi Shani - 27 Desember 2017 08:51 wib
(Foto: Rhobi Sani)
(Foto: Rhobi Sani)

Jepara: Durian memang tidak seperti buah pada umumnya yang bisa diprediksi kematangannya dengan diraba. Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk mengetahui mana durian yang matang dan mana yang tidak.

Di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, buah dengan kulit berduri ini menjadi salah satu buah favorit. Pada musim durian seperti saat ini, buah khas daerah tropis ini gampang dijumpai di Bumi Kartini.

Sentra penjualan buah durian di Kota Ukir ini ada di Pasar Buah Desa Ngabul Kecamatan Tahunan. Letaknya di tepi jalan nasional, Jepara – Semarang, jadi tujuan penikmat raja buah dari segala jenis buah ini. Ada yang memilih makan di tempat, ada pula yang dibawa pulang untuk buah tangan.

Petani durian, Muh Zaini, warga Desa Kecapi Kecamatan Tahunan berbagai cara memilih buah durian. Di temui di rumahnya, Zaini menyampaikan, bahwa buah durian yang bagus memiliki ciri-ciri aroma yang harum dan menyengat.

"Jadi kalau mau membeli durian memang harus dicium dulu. Baunya harum atau tidak, kalau tidak ada baunya berarti buah itu belum masak,” ujar Zaini, Selasa, 26 Desember 2017.

Setelah aroma, tambah Zaini, yang mesti diperhatikan adalah bentuk buah. Buah durian yang baik, bentuknya sempurna, bulat, atau lonjong.

"Kalau bentuk buahnya tidak sempurna, berarti ada bagian dalam durian yang kopong tidak ada isinya," lanjut Zaini.

Zaini menambahkan, yang perlu cermati lagi adalah kulit dan tangkai buah. Buah durian yang bagus memiliki warna kulit yang merata. Tidak ada bagian kulit yang pecah maupun bercak-bercak hitam. Sementara, tangkai buah durian yang bagus berukuran kecil, masih segar, dan tidak kering.

"Kalau buah durian kulitnya sudah pecah, rasanya akan berkurang sedikit agak asam," ungkap Zaini.

Pada musim durian seperti saat ini, setiap hari rumah Zaini selalu didatangi penikmat durian. Pembeli yang datang langsung ke rumah, bisa memilih durian yang baru saja dipetik dari pohon.

“Saya lebih suka membeli ke rumah, pilihannya banyak. Kalau makan di sini (rumah Zaini) dapat garansi, kalau buahnya nggak enak langsung diganti," kata Novie Fatmawati yang datang ke rumah Zaini menikmati durian bersama anaknya.

Untuk menikmati satu buah durian berukuran sebesar bola voli, Novie harus mengeluarkan uang sebesar Rp60 ribu. Buah yang berukuran lebih kecil, kisaran harganya Rp25 ribu sampai Rp50 ribu.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018