Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

Sejarah Bandung, Daya Tarik Asia Tourism Forum 2016

Putu Radar Bahurekso - 08 Mei 2016 11:02 wib
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)

Metrotvnews.com, Bandung: Perkembangan pariwisata di Asia cukup pesat pada era 1990-an. Dengan tujuan mengembangkan pariwisata, rutin diselenggarakan Asia Tourism Forum (ATF).

ATF merupakan forum pariwisata internasional bagi para praktisi di bidang pariwisata. ATF pertama kali diselenggarakan di Ho Chi Min, Vietnam, pada 1993.

Kini, ATF ke-12 diadakan di Bandung, Indonesia. Sebelumnya, ATF ke-10 pada 2012 juga dilaksanakan di Bandung. Penyelenggaraan yang sukses kembali membuat Bandung terpilih sebagai tempat mengadakan ATF ke-12.

Hal lain yang membuat Bandung dipilih kembali menjadi tuan rumah ATF adalah karena faktor kultural dan historis kota Bandung yang menarik.

"Untuk bisa mengadakan acara ini, kita ada bidding -nya. Kita terakhir itu menang melawan Malaysia, Singapura, dan China untuk bidding mengadakan acara ini," ucap Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, di Gedung Sate, Bandung Jawa Barat, Sabtu (7/5/2016).

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Anang Sutono menceritakan mengenai keikutsertaan pada ATF.

"Tahun 2014, kami mendeklarasikan menjadi host ATF ini. Sebelumnya, saya juga sempat menceritakan dan presentasi tentang Bandung kepada mereka (Chair of Committee). Saya cerita bahwa Bandung adalah kota kreatif, kota budaya, dan juga destinasi kuliner," ujar Anang.

"Saya juga cerita tentang sejarah Non-Alignment Movement (Gerakan Non-Blok), cerita tentang Pak Karno, rupanya itu menjadi menarik untuk sebuah destinasi penting," ujar Anang Sutono.

Pada 2015, Bandung sempat menjadi perbincangan hangat berkat diadakannya rangkaian Konferensi Asia Afrika. Pada ajang tersebut turut diadakan beragam festival serta pembenahan untuk menyambut KAA.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-07-2018