Amankah Memakan Sashimi Ayam?

Raka Lestari - 12 September 2017 11:28 wib
Mengonsumsi ayam mentah bisa berbahaya karena mengandung bakteri campylobacter, salmonella, dan E.coli. (Foto: Gourmetfury.com)
Mengonsumsi ayam mentah bisa berbahaya karena mengandung bakteri campylobacter, salmonella, dan E.coli. (Foto: Gourmetfury.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sashimi, hidangan yang biasanya disajikan dari ikan mentah memang merupakan makanan yang populer di seluruh dunia. Biasanya hidangan ini disajikan bersama sushi untuk pendampingnya.

Namun akhir-akhir ini muncul tren baru, yaitu sashimi yang berasal dari daging ayam mentah.

Sashimi ayam ini disajikan tidak jauh berbeda dari sashimi berbahan dasar ikan mentah lainnya yaitu daging ayam mentah diiris tipis atau bisa juga direbus sekitar 10 detik dan disajikan seperti sashimi tuna atau salmon.



Sashimi ayam ini sangat populer di Jepang. Namun pada bulan Juli lalu, Kementerian Kesehatan Jepang mengeluarkan peringatan bagi para restoran agar memasak ayam dalam suhu 75 derajat sebelum disajikan ke pelanggan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi ayam mentah bisa berbahaya.

(Baca juga: Ini Cara Chef Osawa Membuat Sashimi dan Sushi)

Daging mentah dari unggas bisa mengandung bakteri berbahaya seperti campylobacter, salmonella, dan E.coli. Ahli gizi Rhiannon Lambert, dalam mirror.co.uk mengatakan bahwa beberapa orang mungkin berpikir bahwa makan makanan mentah akan lebih sehat karena ada beberapa nutrisi yang hilang selama proses memasak.



"Namun, beberapa makanan justru mengandung bakteri dan mikroorganisme yang tidak aman dan hanya bisa hilang jika dimasak. Mengonsumi makanan mentah seperti ikan dan daging berisiko tertular penyakit bawaan dari hewan itu sendiri," ujar Lambert.

Yang paling aman adalah sebisa mungkin menghindari makanan mentah terutama bagi ibu hamil. Atau jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, kadar mikroba berbahaya dalam daging mentah tersebut masuk ke dalam tubuh kita. 










(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN PENCERNAAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017