Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

SDM Pariwisata Indonesia Masih Tertinggal

Putu Radar Bahurekso - 08 Mei 2016 13:15 wib
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)

Metrotvnews.com, Bandung: Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang sangat luas, tentunya memiliki potensi wisata beragam. Mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga industri kreatif.

Dengan lebih dari 250 juta penduduk, secara kependudukan pun Indonesia adalah negara dengan tingkat penduduk keempat terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Namun ternyata kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Indonesia masih kurang.

"Untuk sumber daya manusia dalam dunia pariwisata itu kita masih kalah jauh. Di ASEAN saja kita masih peringkat lima, peringkat satu Singapura, diikuti Malaysia, Thailand, dan Filipina," ujar Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2016).

Untuk di kawasan terdekat saja, yakni kawasan Asia Tenggara (ASEAN), Indonesia masih cukup tertinggal secara kualitas. Meskipun secara kuantitas, SDM di Indonesia banyak.

"Dalam kuantitas jumlah SDM keseluruhan kita memang menang, tapi untuk persentasi yang sudah disertifikasi kita kalah. Patokannya jangan jumlah tapi persentase dari berapa yang seharusnya,” jelas Arief Yahya.

Arief Yahya juga menuturkan bahwa masyarakat Indonesia harus menyadari terlebih dahulu kekurangan yang ada.

"Sekarang, kita harus tahu dulu posisi kita. Jadi setidaknya nilai kita masih B," kata dia.

Dengan menyadari kekurangan yang ada pada bangsa sendiri, maka bisa ditentukan langkah untuk memajukan dan meningkatkan kualitas SDM pariwisata di Indonesia.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-07-2018