Laporan dari Jepang

Bercocok Tanam Wasabi di Azumino

Sonya Michaella - 29 Januari 2017 11:14 wib
Petani di Azumino menanam wasabi saat musim dingin. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)
Petani di Azumino menanam wasabi saat musim dingin. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Azumino: Ditanam saat musim dingin, bercocok tanam wasabi menjadi salah satu mata pencaharian warga Azumino di Prefektur Nagano, Jepang.

Awal mulanya, petani di Azumino biasanya menanam padi di musim semi hingga musim gugur. Ketika musim dingin datang, mereka beralih menanam wasabi.


Tempat bercocok tanam wasabi di Azumino. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Wasabi kerap dijadikan pendamping makanan khas Jepang, seperti sushi, sashimi dan mi soba. Rasa tanaman wasabi adalah pedas dan manis. Jika disajikan bersama dengan makanan, biasanya wasabi sudah berupa bubuk atau potongan-potongan kecil.

"Menanam wasabi dimulai menyebar bibit dari musim dingin dan akan dipanen dua tahun kemudian. Saat ini, ada sekitar 1,6 juta bibir wasabi yang sudah ditanam," ujar Kepala Humas Daio Wasabi Farm, Hama, di Azumino, Nagano, Jepang, Minggu (29/1/2017).

Wasabi harus selalu diairi oleh air dan tidak bisa ditanam saat musim panas atau semi. "Intinya, wasabi tidak bisa ditanam di negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Jika memang ingin, harus memakai green house," tukasnya.


Tanaman wasabi hanya bisa tumbuh di cuaca dingin. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Daio Wasabi Farm sendiri mulai dikembangkan sejak 1917 silam. Kebun seluas 15 hektare ini telah menjadi tempat pekerjaan sekitar 400 ribu petani beras di musim dingin.

"Panen pertama setelah dua tahun itu bisa mencapai 150 ton wasabi. Wasabi bisa tumbuh dengan air saja. Jadi, tugas kami di sini adalah mengawasi jalannya dan bersihnya air yang mengalir," ungkap Hama.

Dikatakan, banyak turis dari Swiss, Inggris dan Amerika Serikat yang datang ke Daio Wasabi Farm untuk belajar bercocok tanam wasabi. Pasalnya, kini wasabi telah mendunia dan menjadi pendamping makanan warga asing pula.

Di dalam Daio Wasabi Farm ini juga terdapat sejumlah toko souvenir bertemakan wasabi dan restoran yang menyajikan makanan dengan disertakan wasabi. Ada pula kedai es krim yang menyajikan es krim rasa wasabi.


Seorang turis menikmati es krim rasa wasabi. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)



(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA ASIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 28-03-2017