DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 47.877.961.729 (23 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Pesona Bulan Berkah

Pelangi Karismakristi - 27 Mei 2018 19:00 wib
Festival Dugderan. Foto: ANT/ Aditya Pradana Putra
Festival Dugderan. Foto: ANT/ Aditya Pradana Putra

Jakarta: Ramadan menjadi momen spesial bagi Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Tak heran jika di beberapa daerah bermunculan tradisi untuk menyambut datangnya bulan penuh berkah ini.

Biasanya, masyarakat di daerah ini melakukan tradisi penyambutan bulan Ramadan pada bulan Sya'ban. Tradisi ini rupanya sebagai wujud rasa syukur serta kegembiraan dalam menyambut Ramadan yang hanya hadir satu tahun sekali.

Misalnya, di Kota Semarang. Setiap tahun diadakan Festival Dugderan. Festival ini menjadi simbol pemersatu masyarakat Semarang, karena tidak melihat latar belakang agama, status, kebudayaan, dan kekayaan.

Puncak acara festival tersebut adalah Kirab Budaya Dugderan, di mana terdapat Warak Ngendhog yang begitu ditunggu masyarakat. Warak Ngendhog merupakan maskot hewan khas Dugderan yang bentuknya unik serta berwarna-warni dan mereprepresentasikan unsur Tiongkok, Arab, dan Jawa yang menyatu harmonis.

Ada pula makanan khas Semarang yang ditampilkan pada acara ini, salah satunya yg paling legendaris adalah nten-nten. Makanan khas ini berbahan dasar beras ketan yang diberi pewarna biru. Disajikan dengan serundeng gula jawa, yang juga menjadi makanan khas Semarang untuk takjil.

Selain Semarang, ada juga Singkawang yang punya tradisi unik menyambut Ramadan. Di sana akan disiapkan sepuluh ribu lampion dan pernak-pernik simbol Ramadan yang dipajang sebagai penanda masuknya Bulan Puasa.

Singkawang juga mengadakan Ramadhan Fair yang dalam rangakaiannya menghadirkan pasar juadah dan bazar bernuansa Islami, namun masih memiliki sentuhan ornamen khas Singkawang.

Penasaran seperti apa keseruan tradisi tersebut? Saksikan selengkapnya dalam program IDEnesia pada Episode Pesona Bulan Berkah pada hari Minggu, 27 Mei 2018, pukul 21.30 WIB hanya di Metro TV.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GALERIINDONESIAKAYA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Wed , 24-10-2018