DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 14.332.438.005 (21 AGUSTUS 2018)

Tips Hiking Bagi Pemula

Raka Lestari - 30 Mei 2018 11:40 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hiking merupakan pilihan aktivitas di luar ruangan yang sehat. Apalagi jika dilakukan pada saat cuaca sedang cerah. 

Meski demikian, jangan melakukan hiking tanpa persiapan karena bisa membuat tubuh Anda cedera. Dilansir dari Elite Daily, ada beberapa persiapan yang harus Anda ketahui seperti berikut ini. 

1. Mulai dari sesuatu yang kecil dan beristirahatlah

Seberapa lama Anda kuat untuk melakukan hiking tergantung pada tingkat kebugaran fisik masing-masing individu. Untuk itu, sangat penting untuk mengukur kemampuan Anda. Anda bisa memulainya dengan jarak yang pendek dan jangan khawatir untuk melakukan istirahat selama kurang lebih 10 menit. 

2. Kenali jalur pendakian

Sangat penting untuk mengetahui peta atau jalur yang akan Anda lalui selama melakukan hiking. Sebab, jika Anda tersesat, tidak ada alat komunikasi yang bisa digunakan ketika Anda masuk ke jalur pendakian yang cukup jauh. 

3. Mengepak barang bawaan dengan efisien

Menurut National Park Service, barang terberat yang terdapat di ransel Anda harus berupa makanan dan air. Sebaiknya tidak memasukkan barang-barang yang tidak penting ke dalam ransel Anda. 

4. Jangan sendirian

Hiking sendiri bisa jadi sangat bermanfaat untuk menghabiskan waktu liburan di alam bebas, dan bisa menjadi cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran. Namun, pastikan Anda melakukannya secara berkelompok. 

5. Memilih pakaian yang nyaman 

Memilih pakaian adalah kunci yang utama untuk membuat Anda tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Pakaian hiking sebaiknya adalah pakaian sintetis yang dapat menyerap air dan keringat. Gunakan juga kaus kaki berbahan nilon sehingga kaki Anda tidak akan teriritasi. 


Lihat video:



(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS BEPERGIAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 22-08-2018