International Toba Kayak Marathon 2017 Digelar Juli

- 02 Februari 2017 13:55 wib
(Foto: Dokumentasi)
(Foto: Dokumentasi)

Metrotvnews.com, Medan: International Toba Kayak Marathon 2017 diharapkan mampu membawa Danau Toba kembali mendunia dengan atraksi-atraksinya.

Perhelatan yang mengusung tagline Kayaking on the Top of Super Volcano itu akan digelar pada tanggal 28 sampai dengan 30 Juli 2017 dengan lokasi Balige-Marom-Situmurun, kawasan Danau Toba.

Ketua Komunitas Paddler Sumatra, Charles Simson Panjaitan S Hut, Msc mengatakan event "International Toba Kayak Marathon 2017" sangat layak dilaksanakan di Danau Toba karena kondisi danau yang relatif tenang, panorama yang indah dan diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat melalui kontribusi industri pariwisata.

"Event skala internasional ini akan menghadirkan sekitar 200 Kayaker domestik dan mancanegara. Kayaking akan menjadi ikon olahraga wisata air di danau Toba dan ini akan menjadi yang pertama kali dilaksanakan di  Indonesia," paparnya.

Gagasan Paddler Sumatera bersama Komunitas Jurnalis Pariwisata Online menghadirkan International Toba Kayak Marathon 2017 mendapat dukungan besar dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir.

Hal tersebut diungkapkan pada rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Bupati yang dihadiri seluruh SKPD terkait serta pihak Kepolisian dan Kodim dan Tim Paddler Sumatra.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tobasa,  Ultri Simangunsong, memastikan ajang ini masuk dalam calender of event 2017 Sumatera Utara.

 "Ajang ini sudah masuk calender of event Tobasa 2017 dan sudah diteruskan ke Kementerian Pariwisata, kita berharap Kementerian Pariwisata, Badan Otorita Danau Toba dan Sektor swasta akan turut membantu dan mensukseskan terlaksananya  event ini," ungkap Ultri.

Hal serupa juga diutarakan Kepala Bappeda Kabupaten Tobasa, James Silaban menyatakan akan turut membantu terlaksananya kegiatan ini, dan  akan mengajak dan mendorong sektor swasta serta sponsorship berpartisipasi melalui program CSR, untuk membantu peningkatan dan menggeliatkan sektor pariwisata di Tobasa.

Sikap tegas diberikan Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian yang meminta agar instansi-instansi terkait (SKPD daerah) dapat berkomunikasi dan saling mendukung untuk mensukseskan event ini.

 "Event ini harus diangkat menjadi event rutin dan dilaksanakan setiap tahun serta harus menjadi ikon sport tourism di Danau Toba, apalagi ajang ini belum ada di Indonesia, serta menjadi aktivitas rekreasi dan olahraga pada setiap kesempatan." bebernya.

Dengan kehadiran ajang seperti ini tentunya masyarakat Sumatera Utara khususnya sekitaran Danau Toba akan teringat soal "solu" armada yang menyerupai kayak. Transpotasi ini kerap digunakan untuk pergi ke sekolah dan menangkap ikan saat masih sekolah.

"Banyak kenangan menggunakan solu, dan nilai-nilai tradisi ini membuat semangat Sumatera Utara bisa tumbuh dengan hadirnya event tersebut. Memori masa kecil itulah yang menyemangati Tobasa menduking penuh terlaksananya event ini," tambahnya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Tobasa, Ir. Hulman Sitorus, MM mengharapkan dengan even tersebut, warga lokal dapat merasakan manfaat terhadap peningkatan perekonomian dan SDM di sekitar obyek wisata sehingga lebih peduli terhadap kebersihan dan pelestarian daerah wisata kawasan danau Toba.

Menpar Arief Yahya menyambut gembira dan positif atas penyelenggalaraan semua event internasional di destinasi wisata Danau Toba. Sekalian untuk memperkenalkan Danau Toba ke penjuru dunia melalui berbagai ragam komunitas. "Selamat dan Sukses!" kata Arief Yahya.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-10-2017