Menu Bakaran Paling Pas untuk Malam Tahun Baru

Pelangi Karismakristi - 23 Desember 2016 06:49 wib
Ayam bakar (Foto:Delish.com)
Ayam bakar (Foto:Delish.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Malam pergantian tahun merupakan salah satu momen yang dinanti dan tak ingin dilewatkan oleh banyak orang. Tak jarang di antara mereka telah menyusun rencana untuk merayakan malam Tahun Baru. Bagi yang menyukai keramaian, malam Tahun Baru akan dirayakan di kafe, restoran, hotel, atau menikmati pesta kembang api di pusat kota.


Lalu, bagaimana dengan Anda yang tak menyukai keramaian dan memilih merayakannya di rumah? Buang jauh-jauh pikiran kalau merayakan malam Tahun Baru di rumah tak akan menarik. Undang beberapa sahabat terkasih untuk membuat pesta kecil-kecilan di rumah. Hias rumah dengan aneka aksesori, siapkan juga kembang api dan terompet untuk menyemarakkan suasana.


Ada satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan. Selenggarakan barbeque party. Memasak menu makanan dengan cara dibakar akan menghangatkan suasana. Berikut lima rekomendasi menu bakaran malam tahun baru dari kecap manis Bango yang patut Anda coba.


1. Iga Bakar Kecap



(Foto:Cookdiarynet)


Bagi Anda yang merayakan malam pergantian tahun bersama 7 orang lainnya, menu ini bisa menjadi pilihan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
- 1 ½ kg iga sapi, potong-potong
- 6 siung bawang putih yang dicincang halus
- 1 buah bawang bombay dicincang halus
- 4 cm jahe cincang halus
- 4 sdm kecap manis Bango
- 2 sdm madu
- 2 sdm saus tiram
- ½ sdt garam
- ½ sdt merica putih bubuk
- 1 sdt pala bubuk
- 1 ½ L air
- 6 sdm margarin untuk menumis


Cara memasaknya cukup mudah. Pertama, tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe sampai harum, lalu masukkan iga dan masak sampai berubah warna. Masukkan kecap manis Bango, madu, saus tiram, garam, merica, dan pala bubuk. Aduk rata sambil tuang air secara bertahap. Masak hingga iga matang dan bumbu meresap, angkat. Setelat itu, bakar iga sambil olesi sisa bumbu sampai harum dan kecokelatan. Iga bakar kecap pun siap dihidangkan.


2. Sate Kambing Tegal Ala H. Sadjim


Sate merupakan salah satu makanan terlezat yang memperkaya khazanah kuliner nusantara. Makanan ini berupa daging yang dibakar di atas bara api dan dibubuhi bumbu kacang serta kecap manis. Menu sate kambing di warung Sate Kambing Tegal H. Sadjim yang berada di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat ini selalu ramai pengunjung. Di samping rasanya yang lezat, sate kambing ini terkenal empuk dan tidak bau prengus. Bisa dibayangkan jika malam tahun baru, pengunjung akan lebih ramai daripada hari biasa. Ketimbang antre, Anda bisa mencoba membuat sate sendiri di rumah. Persiapkan bahannya dan mulailah memasak.


Bahan-bahan:
- 500 gr daging kambing potong dadu (termasuk gajih)


Bahan bumbu celup:
- 50 gram buah nanas setengah matang, parut halus
- 100 gr kacang tanah, goreng dan haluskan
- 2 sdm kecap manis Bango


Bumbu kecap:
- 10 cabe rawit merah
- 10 bawang merah, iris halus
- 2 buah tomat merah, potong kasar
- 5 sdm kecap manis Bango


Cara Memasak:
Campurkan semua bahan bumbu celup, aduk merata, sisihkan. Kemudian tusukkan daging kambing (boleh diselingi gajih) dengan tusuk sate dan celupkan ke parutan nanas serta lumuri dengan bumbu kacang. Setelah bakar sate di atas arang sampai matang, siapkan bumbu kecap. Sate kambing a la rumahan siap disajikan.


3. Sate Kambing Bumbu Kecap Pedas



(Foto:Dishmaps)


Anda dan keluarga penyuka sate dan penikmat makanan pedas? Menu sate yang satu ini menjadi rekomendasi di malam penghujung tahun, sate kambing bumbu kecap pedas. Rasakan perpaduan kecap manis dan rasa pedasnya, dijamin membuat lidah bergoyang. Rasa pedasnya membuat sate ini terasa berbeda.


Bahan-bahan:
- Daging kambing cincang
- 5 butir bawang merah
- 1/2 sdt ketumbar sangrai
- Garam dan merica


Sambal kecap :
- 6 buah cabai rawit hijau, iris bulat
- 4 buah cabai rawit merah, iris bulat
- 6 butir bawang merah, iris halus
- 5 sdm kecap manis Bango
- 1 sdt kecap asin
- 1 buah tomat buang bijinya, potong dadu
- 2 butir jeruk limau, ambil airnya


Cara membuat:
Campur bumbu halus dengan daging kambing cincang, bulat-bulatkan. Lalu tusuk tiap bulatan dengan tusuk sate, bungkus menggunakan alumunium foil, dan kukus sampai matang. Setelahnya, buka alumunium foil dan bakar satenya, sebentar saja. Setelah diaduk rata dengan sambal kecap, sajikan!


4. Iga Bakar ala Jangkung


Kalau sering mengunjungi Kota Bandung atau Anda yang tinggal di Kota Bandung, pasti sudah tak asing dengan menu iga bakar ini. Tapi jika Anda tak sempat ke Kota Bandung pada malam Tahun Baru, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.


Bahan-bahan:
- 250 gr iga kambing (dapat diganti daging kambing)
- 5 siung bawang putih, ulek halus
- 5 cm kunyit, kupas dan ulek halus
- 1,5 liter air
- 2 sdm minyak samin
- 4 sdm Kecap Bango
- 10 bawang merah, iris halus
- 2 tomat merah, iris besar-besar
- 5 rawit merah, iris halus
- Garam secukupnya
- Lada putih secukupnya


Cara Membuat:
Pertama, bersihkan iga dan potong 2/3 ruas, agar potongan tidak terlalu tebal. Lalu rebus iga dengan bawang putih, kunyit halus, sedikit garam, dan rebus sampai empuk, lalu angkat. Setelah cukup dingin, bakar iga sampai berwarna kecokelatan atau garang di atas wajan datar ataupun teflon.


Setelah itu, panaskan minyak samin di atas wajan/gerabah. Penggunaan gerabah tembikar memberi aroma alami yang unik, sehingga menambah cita rasa masakan. Lalu masukkan irisan bawang merah, cabai, tomat, dan iga. Jangan lupa tambahkan kecap manis Bango dan sedikit lada putih, lalu angkat. Iga bakar pun siap disantap!


5. Ayam Bakar Klaten


Bagi yang tak menyukai sajian berbahan baku kambing atau sapi, hidangan yang satu ini boleh dicoba. Apalagi bagi Anda yang sedang merantau dari Klaten dan sekitarnya yang merindukan kuliner kampung halaman. Rasa yang manis dan aroma bumbu khas membuat ayam bakar Klaten ini selalu tandas saat dihidangkan di meja makan.


Bahan-bahan:
- 1 ekor ayam, potong 8 bagian
- 3 lembar daun salam
- 8 lembar daun jeruk, buang tulangnya, sobek-sobek
- 3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
- 2 sendok makan kecap manis Bango
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh asam jawa
- 500 ml santan dari 1 butir kelapa
- 2 sendok makan minyak untuk menumis


Bumbu halus:
- 5 butir kemiri, sangrai
- 2 sendok teh ketumbar, sangrai
- 2 cm kunyit, bakar
- 1/4 sendok teh jintan, sangrai
- 1/2 sendok teh merica
- 10 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 1 cm jahe
- 1 cm lengkuas


Cara membuat:
-Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan serai sampai harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna, lalu tambahkan kecap manis Bango, garam, dan air asam. Setelah ayam berbalut bumbu, tuangkan santan dan biarkan ayam di atas api sedang sampai setengah matang. Setelah ayam matang, angkat dan biarkan mendingin. Lalu bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai harum.


Bagaimana, menarik dicoba bukan? Untuk beragam resep masakan Nusantara lainnya, Anda bisa menemukannya di sini. Selamat menyambut Tahun Baru!




(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KULINER
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017