DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Menikmati Perjalanan Budaya di 4 Tempat Wisata Bersejarah di Bali

M Studio - 14 Maret 2018 07:00 wib
Taman Ujung Sukasada (Foto:Antara/Nyoman Budhiana)
Taman Ujung Sukasada (Foto:Antara/Nyoman Budhiana)

Bali: Bali tidak hanya menarik wisatawan karena keindahan alamnya, tapi juga budaya dan setiap cerita yang tersimpan di tempat wisatanya. 

Kisah sejarah berikut ini berhasil mengundang banyak wisatawan untuk menjelajahi Bali hingga ke setiap detailnya.


1. Liberty Wreck, Tulamben, Menemukan Keindahan Kapal Karam Amerika

 
(Foto:balistarisland.com)

Menyelam di Tulamben dapat memberi nilai lebih bagi para wisatawan. Karena selain keindahan biota laut yang dicari, Tulamben juga menjadi tempat bertenggernya kapal USS Liberty yang karam sejak 1963. Saat itu, lahar letusan Gunung Agung membawa kapal yang berlabuh di tepi pantai menuju kedalaman 30 m di bawah laut.

USS Liberty adalah kapal kargo tentara Amerika yang terdampar sejak tahun 1942 saat Perang Dunia I, kapal ini hendak menyeberang dari Amerika menuju Filipina tapi gagal akibat tertembak torpedo Jepang. 


2. Taman Ujung Sukasada, Spot Foto Favorit Prewedding

Pembangunannya dimulai pada 1901, oleh Raja Karangasem bernama I Gusti Bagus Jelantik. Awalnya, diberi nama kolam Dirah yang berarti kolam pembuangan untuk penguasa ilmu hitam. 

Baru pada 1909, kolam Dirah dirombak menjadi tempat peristirahatan Raja Karangasem. Perombakannya melibatkan arsitek Belanda, Tiongkok, dan arsitek kerajaan sendiri yang asli Bali. Tahun 1921 Taman Ujung Sukasada atau Karangasem, selesai dibangun dan menjadi tempat menjamu tamu raja selain tempat peristirahatan. 

Keindahan arsitektur yang masih berdiri megah hingga saat ini adalah pilar-pilar tanpa atap tepat di atas anak tangga. Anda masih bisa melihat kolam yang luas yang mengingatkan pada sejarah berdirinya Taman Ujung. Lokasinya berada di daerah Karangasem dan menjadi tempat favorit untuk foto prewedding.


3. Penglipuran, Salah Satu Desa Adat Terindah


(Foto:MI/Ferdinand)

Desa yang tidak tersentuh kemajuan teknologi ini masih menyimpan sejuta pesona budaya lokal yang tetap dipertahankan turun menurun. Kekentalan budaya dan arsitektur desa yang masih alami, menarik banyak wisatawan berkunjung untuk ikut melestarikan warisan leluhur Penglipuran.

Awal potensi wisata desa ini terpercik oleh kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Udayana yang membangun taman-taman kecil beserta penataan lingkungan tahun 1990. Baru kemudian pada 1993, Pemda dan masyarakat sekitar mengelola dan mengembangkan potensi wisata adat desa. Menyusul SK bupati yang menetapkan Penglipuran sebagai Desa Wisata.


4. Tirta Gangga, Berendam di Kolam Air Suci
 

(Foto:bali-indonesia.com)

Masih peninggalan kerajaan Karangasem, Tirta Gangga merupakan istana air seluas 1 hektare yang berisi taman dan kolam-kolam besar berhiaskan banyak air mancur. Patung-patung juga terpajang di istana yang dibangun untuk menghormati kaum Hindu Bali ini. 
 
Tirta Gangga sendiri berarti air suci Sungai Gangga. Air yang biasa dipakai masyarakat sekitar untuk upacara adat. Di dalamnya Anda bisa merasakan kejernihan dan kesegaran air Tirta Gangga karena tersedia kolam renang umum untuk para wisatawan. Kesejukan sudah pasti menyelimuti tempat wisata Tirta Gangga karena letaknya yang berada di kaki Gunung Agung.

Selain menyiapkan daftar tempat wisata saat berlibur ke Bali, tentu Anda juga harus mencari hotel di Bali yang nyaman tanpa membuat kantong jebol. Dengan jaringan terluas di Indonesia, Airy Rooms siap melayani Anda dengan fasilitas lengkap. Tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, shower air hangat, air minum gratis, serta TV layar datar dan WIFI gratis yang setia menghibur Anda setelah lelah berjalan-jalan.

Proses booking mudah dan aman melalui aplikasi atau website, dan pembayaran melalui transfer atau kartu kredit. Harga dan fasilitas hotel Airy Rooms akan melengkapi liburan menyenangkan Anda di Bali.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA BALI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA WISATA & KULINER
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Tue , 18-12-2018