KSAU Ikut Terbangkan F-16 dan Bentuk Formasi 50 Hubungan RI-Singapura

Anwar Sadat Guna - 06 September 2017 20:12 wib
Petugas TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru memantau pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU) dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) yang membentuk formasi angka 50 saat flypast di wilayah udara Pekanbaru, Riau. Antara
Petugas TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru memantau pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU) dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) yang membentuk formasi angka 50 saat flypast di wilayah udara Pekanbaru, Riau. Antara

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Hadi Tjahjanto akan tampil dalam pengelaran atraksi pesawat F-16 di acara puncak peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura, di Marina Bay, Singapura, Kamis, 7 September 2017.

"KSAU akan ikut ambil bagian dalam acara puncak besok. Beliau akan menerbangkan salah satu pesawat tempur F-16 dan Take off dari Bandara Lanud Roesmin Nurjadin menuju Singapura," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono kepada Metrotvnews.com, Rabu, 6 September 2017.

Age menjelaskan, saat menerbangkan pesawat F-16 TNI AU, KSAU akan bertemu dengan pesawat-pesawat tempur F-16 dari Singapura di udara, tepatnya di atas wilayah udara perbatasan Indonesia-Singapura. 

"Saat bertemu itulah, KSAU memimpin para penerbang Indonesia membentuk formasi angka 5, sedangkan penerbang Singapura, yang juga dipimpin oleh KSAU-nya akan membentuk formasi angka 0," jelas Age. 

Selain atraksi angka 50, para penerbang dari kedua negara juga akan melakukan atraksi-atraksi lainnya. Puncak acara peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura, sambung Age, akan berlangsung sekira pukul 14.30 waktu Singapura. 

"Jumlah pesawat F-16 TNI AU yang tampil dalam acara puncak ini sebanyak 11 pesawat. Singapura juga mengerahkan 11 pesawat tempur F-16 milik mereka. Totak ada 22 pesawat tempur yang akan menyemarakkan acara besok," paparnya. 
 
Dalam acara puncak peringatan 50 tahun hubungan diplomatik RI-Singapura akan hadir Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan para pejabat utama di negeri Singa tersebut.

Diberitakan sebelumnya, persiapan peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura di Pekanbaru, 7 September 2017, sudah matang. Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto bahkan sudah berada di Pekanbaru untuk mengecek persiapan lokasi acara, termasuk pesawat tempur F-16.

"Pak KSAU sudah berada di Pekanbaru sejak kemarin. Hari ini mengecek langsung kesiapan di lokasi, termasuk mengecek kesiapan pesawat tempur F-16," kata Age Wiraksono.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KERJASAMA BILATERAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017