DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.058.936.361 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

BMKG akan Datangkan Tenaga Ahli Cari Sumber Dentuman

Anwar Sadat Guna - 11 Juli 2018 18:48 wib
Kota Batam. Medcom/Anwar Sadat.
Kota Batam. Medcom/Anwar Sadat.

Batam: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam akan mendatangkan tenaga ahli dari BMKG Jakarta untuk meneliti dentuman keras yang terjadi di Batam, Selasa, 10 Juli 2018. Dentuman itu mengejutkan warga Batam di sejumlah wilayah. 

"Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan BMKG Jakarta agar nantinya dapat mengirimkan tenaga ahli dari bidang geofisika untuk meneliti dan mencari tahu sumber dentuman tersebut," ungkap Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Suratman kepada Medcom.id, Rabu, 11 Juli 2018. 

Dia mengungkapkan, dentuman yang cukup kuat di Batam merupakan dentuman yang keempat kalinya terdengar oleh masyarakat Batam. Sejauh ini, kata Suratman, BMKG belum bisa mendeteksi asal muasal dentuman tersebut. 

"Meski dentuman yang terjadi kemarin tercatat oleh sensor seismik BMKG di Tanjungpandan, Bangka Belitung, namun sumbernya tidak dapat dideteksi apakah dentuman itu gempa atau ledakan karena sinyal seismiknya terdapat banyak noise," ujarnya. 

Pihaknya juga menunggu respons dari Pemko Batam terkait dentuman yang mengejutkan warga Batam di sejumlah wilayah tersebut. "Jika Pemko mengirim surat ke BMKG agar meneliti dentuman ini maka kami langsung bergerak dengan menurunkan tim untuk mencari tahu sumber dentuman tersebut," ujar Suratman. 

Meski dentuman disertai getaran dirasakan warga Batam di sejumlah wilayah, Suratman mengaku, kekuatan dentuman itu masih terbilang lemah. Jika dentumannya dan goncangannya kuat, kata dia, ada kemungkinan bangunan retak dan kaca jendela atau pintu pecah. 

Meski demikian, pihaknya tetap akan mencari tahu sumber dentuman tersebut dengan menurunkan tenaga ahli dari Jakarta. "Ini menghindari agar masyarakat Batam tidak semakin resah dengan dentuman tersebut," ujarnya. 

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admaji mengatakan, Pemko Batam segera merespon dentuman keras yang mengejutkan warga Batam. Pihaknya juga akan menginformasikan hal tersebut langsung ke Wali Kota Batam. 

"Besok kami akan menyampaikan langsung ke Pak Wali Kota. Kebetulan Pak Wali Kota baru tiba di Batam setelah menghadiri sebuah acara di Singapura. Mudah-mudahan segera ada upaya yang dilakukan Pemko Batam menindaklanjuti dentuman yang meresahkan warga Batam tersebut," ujarnya. 


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG FENOMENA ALAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 15-11-2018