DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.911.330.901 (18 SEP 2018)

Kadishub Samosir Mangkir Pemeriksaan Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Farida Noris - 09 Juli 2018 16:21 wib
Keluarga korban KM SInar Bangun menabur bunga di Pelabuhan Tiga Ras, Simalungun, Sumut. (ANT/Sigid Kurniawan)
Keluarga korban KM SInar Bangun menabur bunga di Pelabuhan Tiga Ras, Simalungun, Sumut. (ANT/Sigid Kurniawan)

Medan: Kepala Dinas Perhubungan Samosir, Nurdin Siahaan, mangkir dalam pemeriksaan sebagai tersangka kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun, hari ini, Senin 9 Juli 2018. Nurdin beralasan sakit. 

"Seharusnya diperiksa hari ini, tapi yang bersangkutan tak menghadiri panggilan penyik karena sakit," kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Tatan Dirsan Atmaja.

Tatan mengatakan, pengacara Nurdin Siahaan langsung menyerahkan surat sakit kepada penyidik. Melalui pengacaranya, Nurdin meminta pemeriksaan diundur pada 18 Juli 2018.

"Jadi nanti kita lihat apakah yang bersangkutan akan hadir atau tidak hadir akan kita sampaikan," ujarnya.

Tatan belum menetapkan tersangka baru. Saat ini, jumlah tersangka tenggelamnya KM Sinar Bangun sebanyak lima orang. 

"Untuk yang empat tersangka sudah dilimpahkan dan masih menunggu dari jaksa terkait berkas yang telah kita berikan," pungkasnya.

Lima orang tersangka yang telah ditetapkan yakni nakhoda sekaligus pemilik KM Sinar Bangun, Poltak Soritua Sagala; Karnilan Sitanggang selaku Pegawai Honor Dishub Samosir yang juga anggota Kapos Pelabuhan Simanindo.

Kemudian, Golpa F Putra selaku PNS Dishub Samosir yang juga Kapos Pelabuhan Simanindo, serta Rihad Sitanggang selaku Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Penyeberangan (ASDP) Samosir, Dishub Prov Sumut, dan Kadishub Samosir Nurdin Siahaan

KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba saat berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun), Senin 18 Juni 2018 sekitar pukul 17.30 WIB. Kapal kayu ini tenggelam sekitar 1 mil laut dari Pelabuhan Tigaras. 

Total korban yang telah ditemukan yakni 21 orang di antaranya 18 dalam keadaan selamat, dan tiga orang lainnya dalam keadaan sudah tak bernyawa. Berdasarkan data yang dirilis Basarnas, ada 164 penumpang yang belum ditemukan tenggelam bersama bangkai kapal. 

Baca: Pelabuhan Tiga Ras Menyisakan Luka


(LDS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KAPAL TENGGELAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-09-2018