DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Rutan Tanjungpinang Digeledah

Anwar Sadat Guna - 16 April 2018 17:00 wib
Petugas Rutam Klas 1 Tanjungpinang bersama pihak kepolisian menggeledah kamar tahanan di Rutan Klas 1 Tanjungpinang, Senin, 16 April 2018. Petugas menyita puluhan benda dan barang milik narapidana di sejumlah kamar tahanan.
Petugas Rutam Klas 1 Tanjungpinang bersama pihak kepolisian menggeledah kamar tahanan di Rutan Klas 1 Tanjungpinang, Senin, 16 April 2018. Petugas menyita puluhan benda dan barang milik narapidana di sejumlah kamar tahanan.

Batam: Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, digeledah, Senin, 16 April 2018. Hasilnya, berbagai benda dan peralatan terlarang disita.

Penggeledahan dengan melibatkan 36 petugas rutan, 10 pejabat struktural Rutan Klas 1 Tanjungpinang, dan delapan polisi itu dilakukan di tiga blok tahanan: Blok Bintan terdiri lima kamar tahanan dan dihuni 268 tahanan dan narapidana.

Blok Penyengat terdiri enam kamar yang dihuni 93 narapidana, serta Blok Melati (khusus wanita) terdiri dari dua kamar yang dihuni sebanyak 19 narapidana. 

"Tim menggeledah setiap sudut kamar tahanan," tegas Ronny Widiyatmoko, Karutan Klas 1 Tanjungpinang, Senin, 16 April 2018. 



Selama sekitar 1 jam menggeledah belasan kamar tahanan, Tim Satgas Kamtib bersama kepolisian menemukan berbagai benda dan barang milik narapidana yang dilarang beredar di lingkungan rutan. 

Benda maupun barang milik narapidana yang disita, di antaranya; gunting, botol kaca, gunting kuku, korek gas, ikat pinggang, sendok dan garpu stainless, peniti, lem, dan masih banyak lagi. 

"Benda-benda yang diamankan dikategorikan benda berbahaya, sehingga kami sita. Gunting kuku yang kami amankan rata-rata ditemukan di Blok Melati. Meski dilakukan untuk kegiatan kerajinan tangan, namun tetap kami amankan. Untuk sendok dan garpu milik kantin yang dibawa masuk narapidana juga kami amankan, termasuk korek gas juga ikut kami sita," ungkap Ronny. 



Operasi penggeledahan yang menyasar barang berbahaya seperti narkoba, termasuk telepon seluler (ponsel) pungutan liar (pungli) tidak menemukan adanya narkoba. 

"Kami sudah menyisir setiap sudut kamar tahanan. Petugas tidak menemukan narkoba. Juga termasuk handphone mengantisipasi adanya pungli terhadap narapidana atau tahanan di rutan," jelasnya. 

Kepala Pengamanan Rutan Klas 1 Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo, menambahkan, seluruh benda dan barang milik tahanan disita untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Total ada puluhan benda atau alat maupun barang milik narapidana diamankan. Termasuk gelas kaca, gelas alumunium, dan silet. Silet yang kami temukan sebanyak 12 unit," ujarnya. 


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG RUTAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018