JR Saragih Gugat KPU Sumut

Farida Noris - 14 Februari 2018 19:20 wib
JR Saragih (kiri) dan Ance Selian (kedua dari kanan) saat mendaftar ke KPU Sumut, Selasa 9 Januari 2018, Medcon.id - Farida Noris
JR Saragih (kiri) dan Ance Selian (kedua dari kanan) saat mendaftar ke KPU Sumut, Selasa 9 Januari 2018, Medcon.id - Farida Noris

Medan: Tim kuasa hukum dari Jopinus Ramli (JR) Saragih menggugat KPU Sumatera Utara lantaran menggugurkan pasangan JR Saragih-Ance Silean dari Pilgub Sumut 2018. Gugatan disampaikan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, Rabu, 14 Februari 2018.

Jony Silitonga, kuasa hukum JR Saragih, menyerahkan beberapa bukti yang menguatkan gugatan. Jony yakin JR Saragih tak masalah dengan dokumen pendidikan yang dilampirkan dalam berkas pendaftaran sebagai calon gubernur.

"Menurut kami, pasangan kami sudah memenuhi syarat. Saat pendaftaran, pasangan calon menyerahkan ijazah STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) SD, SMP dan SMA, kemudian ijazah S1, S2 dan S3. Berdasarkan UU 10 tahun 2016 maka ijazah terakhir yang harus digunakan," kata Jony.

Jony menyebutkan keputusan KPU Sumut terkait ijazah SMA milik JR Saragih tidak memenuhi syarat setelah muncul surat dari Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta merupakan sesuatu yang keliru. Apalagi dalam surat dari Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta tersebut tidak membantah surat yang sebelumnya dikeluarkan oleh Kepala Dinas DKI Jakarta yang menyatakan tidak ada masalah dengan legalisir ijazah JR Saragih.

"Catatan kita ketika KPU menyatakan kita tidak memenuhi syarat karena surat sekretaris dinas, itu bertentangan. Surat kepala dinas tidak dibantah oleh surat sekretaris dinas. Apalagi ijazah dalam surat sekretaris itu diakui kebenarannya," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan nantinya berkas yang mereka terima itu akan diperiksa selama 3 hari. Kemudian 3 hari berikutnya diberikan kesempatan kepada para penggugat untuk melengkapi berkas gugatan.

"Untuk masa penyelesaian sengketa selama 12 hari. Jadi di hari ke 12 sudah ada keputusannya," ungkapnya. 

Sebelumnya, Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 -2023, menetapkan pasangan calon Jopinus Ramli (JR) Saragih - Ance Selian gugur maju sebagai peserta pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.

Pasalnya berkas persyaratan Bakal Calon Gubernur Sumut 2018-2023, yakni JR Saragih, tidak memenuhi syarat. Berkas yang tidak memenuhi syarat adalah fotokopi ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisir oleh instansi yang berwenang.

Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea menyebutkan KPU Sumut menerima surat dari Sekretaris Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 Tanggal 22 Januari 2018, bahwa Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB SMA Nomor 1 OC Oh 0373795 Tahun 1990 atas nama Jopinus Saragih.



(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB SUMUT 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 24-05-2018