Kapal Tunda Tenggelam di Pulau Liat, 6 ABK Hilang

Rendy Ferdiansyah - 12 November 2017 13:14 wib
ilustrasi Metrotvnews.com
ilustrasi Metrotvnews.com

Bangka Belitung: Pencarian 6 anak buah kapal tunda Youngtat 9 yang tenggelam di perairan Pulau Kepong dan Pulau Liat Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Jumat 10 November kemarin, masih terus di lakukan.

Kapolres Bangka Selatan Ajun Komisaris Besar (AKB) Bambang Kusnarianto menduga, 6 ABK tugboat pembawa tongkang itu terjebak di dalam kapal. Ke-6 ABK tersebut adalah Nakhoda Nasiridin, Masinis Hengki, Juru Mudi Asriadi, Juru Mudi Rudianto, Juru Minyak Arisandi dan Juru Masak Septiawan.

"berdasarkan penuturan 2 ABK yang selamat bahwa masing-masing keberadaan kru terakhir yaitu Nakhoda dan Juru Mudi berada di anjungan, dua ABK sedang tidur di ruang ABK, koki sedang masak di dapur, dan 1 orang sedang melaksanakan salat subuh," kata Bambang.

Ia menambahkan untuk dugaan korban yang masih terjebat berada di dalam kapal,  pihaknya akan melakukan evaluasi dan diskusi kepada pemilik kapal. Lalu selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi untuk melakukan penyelaman ke dalam kapal.

"Kami akan diskusikan apakah membutuhkan pola dan sisitem yang sama dalam pencariannya, atau dengan penyelaman, namun untuk itu pihak SAR gabungan akan menyiapkan perlengkapan menyelam, karena pertolongan kita pertama terhadap korban manusianya itu pertama lalu selanjutnya kapal dan tongkangnya," ujarnya.

Di utarakan Kapolres. duaABK Kapal Youngtat 9 yang selamat telah berada di Jakarta untuk diperiksa psikologi di RS PMC Tanjung Priok, pada Sabtu 11 November kemarin. Keduanya diselamatkan oleh KM Khatulistiwa.

"Korban yang selamat, yaitu Herman (31) sebagai Mualim 1 kapal tagboat TB. Young Tat 9, warga Kampung Tangkil Desa Tangkil Kecamatan, Cidau Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan Ambat Alwianus (65) KKM warga Bitung Tengah Kecamatan Prigi Dolong, Manado."ungkap dia.

Untuk itu, Gabungan Tim SAR dari Basarnar Pangkalpinang, Polres Basel, TNI AL dan Tagana Basel terus melakukan pencarian enam ABK kapal Tugboat di perairan Bangka Selatan.

Pencarian dengan menurunkan beberapa kapal seperti dua Kapal dari Dit Polair Polda Babel, satu dari Polair Polres Basel, satu Dari Basarnas, dua Reberboat Basarnas, kapal Kombet milik TNI AL dan Kapal Senyiur milik Pemda Bangka Sekatan.

Sebelumnya pada Jumat kemarin, Sebuah tugboat atau kapal penarik tongkang bermuatan kosong, yakni Tugboat Youngtat 9, dikabarkan tenggelam di perairan Pulau Lepong dan Pulau Liat, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tugboat milik PT Putra Sihiong Mandiri (PSM) ini tenggelam saat menuju Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, sekira pukul 08.00 WIB.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KAPAL TENGGELAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017