DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.911.330.901 (18 SEP 2018)

Dentuman Keras Kejutkan Warga Batam

Anwar Sadat Guna - 10 Juli 2018 17:14 wib
Kota Batam. Medcom/Anwar Sadat.
Kota Batam. Medcom/Anwar Sadat.

Batam: Dentuman disertai getaran kuat yang terjadi, Selasa, 10 Juli 2018 sekitar pukul 14.30 WIB, mengejutkan masyarakat Batam. Goncangan layaknya gempa itu bahkan dirasakan warga di sejumlah wilayah di Batam. Warga panik ketika dentuman terdengar dari rumah mereka. 

"Dentumannya sangat terasa di depan RS Bhayangkara Polda Riau. Kebetulan saya di rumah. Kaca jendela dan dinding rumah bahkan bergetar," ujar Haris, warga Perumahan Arira Garden, Batam Centre, Kota Batam, kepada Medcom.id, Selasa, 10 Juli 2018. 

Hal sama dirasakan Andi, warga setempat, di Pengadilan Negeri (PN) Batam. Dia yang tengah menghadiri jalannya salah satu sidang di PN Batam juga sempat panik saat mendengar dentuman keras. Bukan hanya dirinya, beberapa pengunjung sidang juga dibuat kaget. 

"Dentumannya terasa sampai ke PN Batam. Bukan hanya saya, pengunjung lainnya juga kaget mendengar dentuman tersebut. Gedung PN serasa bergetar. Kaca-kaca jendela juga ikut bergetar," ujarnya saat dihubungi Medcom.id

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Suratman, mengatakan tengah meneliti muasal dentuman.

"Masih kami deteksi menggunakan alat BMKG. Biasanya, jika itu gempa pasti langsung terdeteksi," ujarnya kepada Medcom.id.

Untuk lebih memastikan asal dentuman dan getaran tersebut, sambung Suratman, pihaknya saat ini berkoordinasi dengan Bidang Geofisika BMKG Jakarta untuk mendapatkan analisisnya. "Semoga segera mendapatkan analisa tentang kejadian tersebut," tuturnya. 

Dia menjelaskan, jika goncangan atau getaran kuat berasal dari gempa, maka langsung terdeteksi oleh alat BMKG. Untuk mendapatkan analisis tentang gempa tersebut, minimal dibutuhkan pengamatan dari tiga atau empat alat BMKG dari beberapa wilayah. 

"Misalnya ada gempa di Batam, maka dibutuhkan analisa dari beberapa alat deteksi BMKG wilayah sekitar, seperti dari BMKG Tanjungpinang, Pekanbaru, dan Padang," ujarnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG FENOMENA ALAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-09-2018