DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

1.500 Personel Gabungan Bersihkan Danau Toba

Farida Noris - 12 Juli 2018 16:59 wib
Personel gabungan melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Tigaras. (ist)
Personel gabungan melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Tigaras. (ist)

Medan: Sebanyak 1.500 orang personel gabungan melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Tigaras. Kegiatan itu dilakukan pascainsiden karamnya KM Sinar Bangun yang menyebabkan 164 penumpang belum ditemukan pada Senin 18 Juni 2018 silam. 

"Sejumlah tim gabungan dari Brimob Polda Sumut, Basarnas, PT Perkebunan Nusantara 3 dan 4, Pramuka, Dit Polair Polda Sumut, Polres Simalungun, Kodim 0207/SML serta relawan," ujar Dirpolair Polda Sumut, Kombes Pol Drs Yosi Muhamartha, Kamis, 12 Juli 2018.



Kegiatan ini, kata Yosi, untuk menindaklanjuti perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw sebagai jawaban kearifan lokal bahwa Danau Toba kotor dan tercemar.

"Kita ikut menggugah hati masyarakat Tigaras dan seluruh lapisan masyarakat untuk aktif memelihara kebersihan Danau Toba dan peduli lingkungan," jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga, tim gabungan melepaskan udang lobster dan ikan mas ke Danau Toba. Tim gabungan menyisir bibir pantai, areal Pelabuhan Tigaras, Jalan dari Pelabuhan menuju Pantai Paris, lokasi Masjid Al Hikmah Tigaras hingga menuju Tambun Raya.

"Kegiatan ini dilakukan agar Danau Toba lebih bersih dan tidak tercemar. Kita orang luar menunjukkan bahwa kita juga peduli kebersihan di Tigaras, agar dapat ditiru oleh warga masyarakat setempat," bebernya.



Seperti diketahui, KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, saat berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun), Senin 18 Juni 2018 sekitar pukul 17.30 wib. Kapal kayu ini tenggelam sekitar 1 mil laut dari Pelabuhan Tigaras. 

Total korban yang ditemukan yakni 21 orang, 18 diantaranya selamat, dan tiga orang lainnya tewas. Namun pencarian korban lainnya dihentikan lantaran terkendala kedalaman Danau Toba. Berdasarkan data yang dirilis Basarnas, ada 164 penumpang yang belum ditemukan tenggelam bersama bangkai kapal. 


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KAPAL TENGGELAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018